10 Jenis Lobster Air Tawar Populer Karena Warna: Hiasan Aquarium

10 jenis lobster air tawar yang bisa dipelihara dan populer karena kecantikan warnanya. Jenis-jenis lobster dibawah ini cocok sebagai pelengkap teman ikan hias diaquarium anda, karena memiliki bentuk dan warna yang menarik.

  1. Red Lobster (Procambarus Clarkii)
    Red Lobster ( Procambarus Clarkii )Procambarus clarkii berasal dari keluarga cambaridae, dan mempunyai ciri khas seluruh tubuhnya berwarna merah bata untuk jantan. Sedangkan untuk betina berwarna orange kemerah-merahan. Dalam segi ukuran, jenis lobster ini lebih kecil dibandingkan dengan cherax sp. Memiliki panjang tubuh hanya berkisar 12 cm dengan bobot berat 75-1000 gram per ekor.
  2. Rainbow Papua (Cherax pulcher)
    Rainbow Papua (Cherax pulcher)Jenis lobster air tawar atau crayfish ini berasal dari Indonesia. Menariknya, lobster ini dinyatakan sebagai lobster dengan spesies baru dan merupakan salah satu lobster tercantik di dunia.
  3. White Lobster
    White LobsterNama lain dari white lobster adalah procambarus clarkii. Jenis lobster hias ini memiliki warna yang sangat menarik dan cantik yaitu berwarna putih.
  4. Dark Blue Yabby Lobster
    Dark Blue Yabby LobsterDark blue lobster atau cherax sp yabby ini habitat aslinya di bagian barat Australia, jenis yabby dengan warna biru gelap, ketika ukurannya mencapai 5 inchi warnanya akan bertambah biru.
  5. Dark Rainbow (Cherax Boesemani)
    Dark Rainbow ( Cherax Boesemani )Cherax boesemani juga dikenal dengan nama red brick kreb, red chili hummer dan dapat hidup. Dalam suhu air berkisar 15-26˚C PH 6,5-7,5.
  6. Astacopsis Gouldi
    Astacopsis GouldiSalah satu lobster hias air tawar ini juga dikenal dengan sebutan tazmania giant freshwater lobster. Memiliki warna tubuh cokelat kehitam-hitaman terutama pada bagian badan, kepala, dan capitnya. Ukuran lobster ini relatif lebih besar dari lobster air tawar lainnya mencapai sekitar 90 cm dengan bobot berat 4-6 kg per ekor.
    Namun dibandingkan dengan jenis lobster red claw, jenis lobster ini memiliki produktifitas rendah, lobster betina hanya melakukan kawin dua tahun sekali dengan jumlah telur hanya 4000 butir.
  7. Red Claw (Cherax Quardricaritanius)
    Red Claw ( Cherax Quardricaritanius )Jenis lobster ini juga termasuk dalam keluarga parastacidae, atau lebih dengan nama red claw ( karena terdapat warna merah di kedua ujung capitnya). Jenis lobster ini sangat cocok dengan suhu air kisaran 20-24˚C, PH 7-8 dan dengan kesadahan air 10-20˚ dH.
    Lobster red claw ini memiliki ciri yang khas yaitu dengan warna tubuhnya yang didominasi oleh warna biru laut yang berkilau, antar ruas kelopak kulitnya berwarna putih. Panjang tubuh lobster red claw dewasa bisa mencapai 50 cm dengan berat sekitar 800-1000 gram per ekornya.
    Pada saat umur 6-7 bulan, seekor induk lobster red claw sudah mulai kawin dan bertelur. Jumlah telur yang dihasilkan dalam sekali perkawinannya bisa mencapai 100-200 butir.
    Baru setelah berumur satu tahun, induk red claw dapat bertelur hingga 600-1000 butir. Hebatnya lagi, induk red claw ini juga dapat bertelur sampai 5 kali dalam setahun.Walaupun lobster ini dapat dikonsumsi, tetapi akan sangat cocok apabila dijadikan sebagai lobster hias, karena red claw ini mempunyai warna tubuh yang menarik dan indah.
  8. Yabby (Cherax Destructor)
    Yabby ( Cherax Destructor )Cherax destructor termasuk dalam keluarga Parastacidae. Ciri khususnya yang memiliki capitan yang berukuran besar ini, hampir sama dengan ukuran tubuhnya. Karena itulah lobster ini disebut destructor (si penghancur). Tetapi dibalik nama (si penghancur) ini, lobster ini memiliki warna yang sangat menarik dan indah.
    Dari mulai warna merah kecoklatan, biru dan warna lainnya dengan panjang kisaran antara 30-50 cm dengan berat sekitar 300-500 gram per ekornya. Habitat dan tingkat produktifitas cherax destructor ini sama dengan cherax quadricarianatus.
    Dalam setahun cherax destructor hanya melakukan perkawinan hanya dua kali. Tetapi dapat menghasilkan anakan sekitar 300-150 ekor. Sayangnya lobster ini mempunyai tingkat kanibalisme yang tinggi, mungkin karena ini juga lobster ini dinamai sipenghancur.
    Pada saat moulting, lobster betina bisa memangsa lobster pejantannya, serem juga ya. Hal inilah yang menyebabkan sedikit orang yang membudidayakan lobster ini.
  9. Marron (Cherax Tenuimanus)
    Marron (Cherax Tenuimanus)Cherax tenuimanus dikenal dengan sebutan marrom. Jenis lobster ini memiliki banyak warna. Ada jenis marron dengan warna tubuh berwarna biru keunguan, ada pula yang berwarna cokelat tua keunguan. Jenis lobster ini hidup pada kisaran suhu air dengan PH 6-8.
  10. Zebra Lobster
    Zebra LobsterNama lain dari zebra lobster ini adalah cherax sp. Juga merupakan saudara dengan cherax boesemani, jenis ini ada di daerah Papua.

10 jenis lobster hias yang cocok dijadikan koleksi peliharaan di aquarium. ingin budidaya lobster air tawar Red Claw (Cherax Quardricaritanius). Kami ada Induk, konsumsi dan bibit lobster air tawar jenis Red Claw (Cherax Quardricaritanius). Lokasi ada di jogja. WA only 085878520115.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>