Advertising:

3 Penyebab & Solusi Larva Lele Mati Setelah Menetas

Larva Lele Mati Setelah MenetasSalah satu masalah pada pembibitan lele adalah larva lele mati padahal baru menetas. Larva lele yang mati berwarna putih didasar kolam maupun di kakaban. Larva lele yang mati setelah menetas dapat menyebabkan air kolam menjadi bau dan mengganggu kehidupan larva lele yang lain. Jika tidak segera di bersihkan akan berakibat larva lele semakin banyak yang mati. Sebaiknya bersihkan dengan cara sedot dengan menggunakan selang.

Penyebab Larva lele mati setelah menetas adalah:

  1. Kualitas air yang kurang baik sehingga tidak mendukung kehidupan larva. Air sudah bau dan mengandung amoniak dapat menyebabkan larva lele mati.
  2. Induk jantan dan betina yang dipijahkan masih sangat muda, Induk yang belum cukup umur ini akan menghasilkan larva yang kurang baik, banyak yang tidak menetas dan jika menetas akan mudah mati.
  3. Kandungan oksigen didalam air rendah sehingga mengganggu pernafasan larva lele.

Solusi agar larva lele tidak mati setelah menetas adalah:

  1. Berikan aliran air pada kolam penetasan, istilah yang kami gunakan adalah dikricik (beri aliran air bersih terus-menerus lubang kecil tapi semburannya kuat. Bisa dilakukan pada hari pertama dan kedua, bisa juga seterusnya karena kolam padat. Fungsi aliran air ini adalah untuk membuang bau air yang dihasilkan oleh telur yang tidak menetas dan sudah membusuk. Aliran air ini juga dapat meningkatkan kandungan oksigen dalam air.
  2. Pilih induk lele yang benar-benar sehat, sudah siap kawin dan cukup umur. Jantan sudah berumur lebih dari 10 bulan dan betina sudah berumur lebih dari 1 tahun.
  3. Gunakan air jernih, bening dan tidak berbau. Jika sulit mendapatkan air dengan kualitas baik, simpan air dikolam penampungan, ketika sudah 1-3 hari bisa dipindah ke kolam pemijahan. Dengan menunggu 1-3 hari kotoran akan mengendap ke dasar kolam penampungan.

Lakukan perawatan larva lele secara intensif, karena pada umur 1-20 hari lele sangat mudah mati. Selamat mencoba pemijahan lele, Salam SiKumis HEBAT…

You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to 3 Penyebab & Solusi Larva Lele Mati Setelah Menetas

  1. yufi says:

    Wah gmn klo air yg di gunakan berkaporit,cntoh air Pdam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>