Advertising:

5 Penyakit Lele Dan Pengobatannya

Banyak para pembudidaya lele yang merugi karena ketidaktahuan jenis penyakit dan cara pengobatannya. Ini adalah salah satu faktor yang menyebabkan pembudidaya lele bangkrut karena banyak lele yang mati. Berikut 5 penyakit dan cara mengobatinya.

jamur pada lele1. Jamur Pada Lele
Penyakit yang disebabkan jamur (cendawan) umumnya menyerang ikan air tawar pada kolam organik. Penyakit pada ikan lele ini tidak menyerang lele yang sehat namun hanya menyerang ikan yang sedang sakit atau terluka serta dalam kondisi lemah.

Ciri-cirinya muncul serabut putih seperti kapas di sekitar bagian tubuh ikan yang terluka. Penyakit jenis ini juga bisa terdapat pada semua jenis ikan air tawar.

Bahan-bahan untuk pengobatan:
Garam dapur komposisi 1 kg per 25 m2
5 liter air bersih
1 botol cuka

Campurkan semua bahan di atas kemudian taburkan secara merata pada kolam ikan organik milik anda. Ramuan obat di atas juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit pada ikan air tawar lain. Baca juga Pencegahan & Cara Mengobati Jamur Pada Bibit Lele

bintik putih lele2. Bintik Putih (white spot)
Bintik putih (Ichthyophthirius multifiliis) merupakan jenis penyakit yang umum diderita ikan air tawar. Penyebabnya adalah protozoa Ichthyopthirius yang muncul pada kolam yang sudah lama tergenang air.

Ciri-cirinya yaitu munculnya bintik-bintik putih pada kulit dan insang serta bisa menyebabkan kerusakan parah pada bagian tersebut.

Untuk menyembuhkan penyakit pada ikan lele berupa bintik putih, perbaiki sistem sanitasi kolam agar tidak menular ke ikan lain. Kemudian taburkan garam dapur ke kolam selama 2 – 3 kali sehari secara berturut-turut.dan buang ikan yang mati dan sakit agar tidak menular ke ikan yang lainnya.

lele menggantung di permukaan3. Lele Menggantung Di Permukaan Air
Lele yang menggantung di permukaan air ini akan kehilangan nafsu makan serta sering muncul ke permukaan air. Parasit ini merusak insang dan kulit sehingga membuat pernapasan ikan terganggu, keluarnya lendir, warna ikan pucat dan sirip menguncup.

Cara mengatasi penyakit pada ikan yang terserang cacing pipih bisa dilakukan dengan mengganti air dalam jumlah besar kemudian menaburkan garam halus ke kolam. Atau bisa juga merendam ikan yang sakit dengan larutan kalium permanganate (PK) konsentrasi 0,01% selama 30 menit.
Cara mengatasi dengan bahan alami,buah mengkudu :
1. Siapkan buah mengkudu yang telah masak
2. Remas-remas kemudian lemparkan ke kolam
3. Biarkan beberapa saat sampai buah mengkudu tersebut menyatu dengan air kolam anda
4. Tunggu khasiatnya beberapa jam sampai ikan peliharaan anda sembuh.

Baca juga: Penyebab Bibit Lele Mati, Ciri Perut Penuh Makanan & Menggantung

parasit lele4. Parasit Pada Lele
Penyakit ini menyerang insang ikan air tawar, ditandai dengan sering berputar-putar serta menggantung pada permukaan air. Cara mengobati penyakit ikan ini dengan merendam ikan di larutan formalin konsentrasi 15 – 20 ppm.

 

 

 

aeromonas atau cacar lele5. Cacar pada Lele (Aeromonas)
Tanda-tanda ikan terkena penyakit cacar adalah timbulnya borok pada badan ikan kemudian rusaknya hati, limpa dan daging. Penyakit pada ikan lele ini disebabkan oleh bakteri Aeromonas dan Pseudomonas.

Untuk mengobati cacar pada ikan air tawar caranya tumbuk daun pepaya mentah,potong-potong buah mengkudu yang telah masak dan tambahkan garam kemudian taburkan di kolam. Bisa juga di coba dengan ekstrak tanaman Jintan Hitam.

You can leave a response, or trackback from your own site.

5 Responses to 5 Penyakit Lele Dan Pengobatannya

  1. Pingback: 10 Cara Perawatan Lele Pada Musim Kemarau | bibitlele.net

  2. Arifin says:

    Kalau pnyakit cacar bsa disembuhkan secara ttal ga gan ?

  3. asyifa says:

    Dg obat terurai trsbt mga bsa mmbrikn mnfaat bg para pmbdidaya mania . Swon .

  4. har wolok says:

    gimana cara mengobatin ikan kembung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>