5 Penyebab & Solusi Lobster Air Tawar 1 Inchi Gagal Molting

sponsored

Ciri lobster tumbuh menjadi lebih besar adalah moulting, kulit luar lobster (kutikula) mengelupas ganti dengan kulit yang baru. Kulit baru ini masih sangat lembut dan lunak, sangat rawan dimakan temannya sendiri jika terlalu padat. Kulit lobster akan mengeras dalam 1-2 hari.

Penyebab Lobster Air Tawar 1 Inchi Gagal Molting Penyebab & Solusi Lobster Air Tawar 1 Inchi Gagal Molting Solusi Lobster Air Tawar 1 Inchi Gagal Molting

Biasanya proses moulting ini berjalan 10-60 menit, jika kulit lobster terkelupas semua dari kepala sampai ekor berarti proses moulting berjalan sempurna dan lobster dapat hidup. Tapi jika molting cuma sampai setengah-setengah, di bagian kepala belum terkelupas dan bagian ekor terkelupas, lobster sulit bergerak karena kulit sulit terlepas, lama-kelamaan lobster akan mati.

Kadang melihat lobster yang gagal molting kasihan, berharap dengan membantu mengelupas kulit luarnya akan hidup, tapi ternyata membantu lobster moulting tidak bagus untuk lobster, memang gagal molting menyebabkan lobster akan mati karena banyak energi yang digunakan selama proses molting. Tapi dengan membantu mengelupas kulit luarnya juga tidak akan mendapatkan hasil yang lebih baik karena jaringan baru tidak terbentuk sempurna dan lobster lama-kelamaan akan mati.

Lalu APA PENYEBAB LOSBTER AIR TAWAR GAGAL MOLTING???
Menurut pengalaman saya:

  1. Oksigen terlarut kurang, biasanya yang cuma memakai aerator, kejadian yang sering dialami pembudidaya lobster air tawar adalah batu aerator lepas.
  2. Proses molting terganggu lobster lain, kolam pembesaran sempit, terlalu padat dan kurang tempat untuk bersembunyi.
  3. Kurang protein: makanan yang diberikan kurang protein, untuk lobster yang masih masa pertumbuhan sebaiknya jangan diberi pakan terlalu banyak mengandung kalsium karena membuat cangkang menjadi keras, yang menyebabkan kulit luar tidak lentur saat molting. Anakan lobster sebaiknya diberi makanan berprotein seperti: cacing sutra (hidup atau beku tidak masalah), keong mas di potong kecil-kecil, daging diiris tipis-tipis. Pelet tidak masalah tapi untuk selingan saja.
  4. Amoniak. Kotoran dan sisa pakan didasar kolam yang mengendap.
  5. Suhu terlalu dingin. suhu air yang terlalu dingin menyebabkan lobster gagal moulting.

SOLUSI:

Jadi APA YANG SEBAIKNYA ANDA LAKUKAN JIKA LOBSTER AIR TAWAR GAGAL MOLTING? Tulis dikomentar ya…
Kalau saya punya koleksi ikan predator dan kura kesayangan Macrochelys Temminckii larinya kalau engga ke ikan predator ya Alligator Snapping Turtle. Semoga bermanfaat, kalau kurang boleh di tambah di kolom komentar. Salam HEBAT siCapit… RTC red tail catfish alligator snapping turtle Macrochelys Temminckii

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>