Advertising:

6 Keunggulan Lele Sangkuriang Dibanding Dumbo

6 Kelebihan Lele Sangkuriang Dibanding DumboLele sangkuriang adalah salah satu jenis lele unggul. Para peternak lele sekarang banyak yang berpindah ke jenis sangkuriang karena memiliki keunggulan di banding dengan lele dumbo. Berikut 5 keunggulan lele sangkuriang di banding dengan lele dumbo.

1. Masa Panen Lele Lebih Cepat
Di tingkat pembenihan maupun di tingkat pembesaran masa panen lele sangkuriang sangat baik, terbukti lebih cepat dibandingkan dengan lele dumbo.

  • Tingkat pembenihan: Pertumbuhan lele sangkuriang dari ukuran 2-3 cm untuk mencapai ukuran 5-6 cm hanya memerlukan waktu 20-25 hari. Sedangkan pada lele dumbo membutuhkan waktu sekitar 30-40 hari.
  • Tingkat pembesaran: Dari benih lele ukuran 5-6 cm, untuk mencapai ukuran lele konsumsi siap panen lele sangkuriang hanya membutuhkan waktu 50-60 hari dengan asumsi suhu udara rata-rata 25-28 derajat celcius. Masa panen lele sangkuriang akan lebih cepat lagi jika dibesarkan di daerah yang memiliki suhu yang tinggi, misal di suatu daerah yang suhunya 35-38 derajat celcius hanya memerlukan waktu 45 hari saja. Sementara pada lele dumbo memerlukan waktu 3-4 bulan.

2. Kemampuan Bertelur dan Daya Tetas Telur Lebih Tinggi
Angka produksi lele sangkuriang lebih tinggi dibanding lele dumbo, ini dibuktikan dengan kemampuan bertelur dan daya tetasnya.

  • Kemampuan bertelur induk lele sangkuriang dua kali lipatnya dibandingkan dengan lele dumbo. Satu ekor induk lele dumbo dalam sekali bertelur biasanya menghasilkan 20.000–30.000 butir, sedangkan lele sangkuriang mampu bertelur 40.000-60.000 butir.
  • Untuk daya tetasnya, lele dumbo terbilang cukup tinggi yaitu 80%, tetapi lele sangkuriang lebih tinggi lagi, yaitu 90%.

3. Daya Tahan Terhadap Penyakit Lebih Bagus
Lendir di kulit lele adalah salah satu bentuk pertahanan tubuh, dan semua jenis lele memilikinya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, jenis bakteri yang sering menyerang ikan air tawar jarang ditemukan di kolam atau wadah budi daya lele sangkuriang, terutama Trichoda sp. Dan Ichthiophthirius sp. Walaupun daya tahannya lebih bagus, tapi kita tetap harus memberi pencegahan terhadap penyakit-penyakit lele.

4. Produksi Lebih Tinggi
Untuk membesarkan benih lele dumbo sebanyak 1000 ekor dengan pemberian pakan 1 kwintal hanya menghasilkan lele konsumsi sebanyak 70-80 kg. Sedangkan untuk lele sangkuriang dengan jumlah benih dan pakan yang sama dapat menghasilkan 1 – 1,4 kwintal. Data berdasarkan pengalaman di lapangan. Ini membuktikan angka produksi lele sangkuriang lebih tinggi dibanding lele dumbo biasa.

5. Teknik Pemeliharaan Lebih Mudah
Lele sangkuriang bisa dibudidayakan di lahan yang sempit. Untuk membesarkan benih 1000 ekor hanya diperlukan lahan 5×2 meter saja . Berdasaran pengalaman yang dilakukan Nasrudin dan Yadi serta para peternak binaannya dengan luas lahan tersebut, dapat menghasilkan lele konsumsi sebanyak 1-1,4 kwintal. kolam terpal adalah salah satu pilihan budidaya lele agar dapat menghemat biaya. Ini menunjukkan teknik pemeliharaan lele sangkuriang relatif lebih mudah dibanding dengan lele dumbo biasa, apalagi dibandingkan dengan pemeliharaan jenis ikan lainnya.

6. Kualitas Daging Lebih Unggul
6 Keunggulan Lele Sangkuriang Dibanding DumboDaging lele sangkuriang memiliki tekstur daging yang lebih padat dan minim kandungan lemak dibanding dengan lele dumbo. Dari segi rasa lebih renyah, lebih gurih, dan tidak bau lumpur. Apalagi jika dibudidayakan secara organik lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi. Lele jenis ini memiliki kandungan omega3 yang sangat baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.

Semoga 6 keungulan lele sangkuriang tersebut dapat memberikan anda pertimbangan untuk memilih bibit sangkuriang. Segera mulai bisnis dan kelola  dengan baik. Salam HEBAT SiKumis.

Sumber: lelesangkuriangorganik.blogspot.com

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>