Advertising:

7 Manfaat Daun Pepaya Untuk Bibit Lele

Daun pepaya sebagai penyetabil ph air:
manfaat daun pepaya untuk leleDaun pepaya dapat digunakan untuk menyetabilkan ph air, selain itu juga sebagai obat alami pada lele saat musim hujan, masukkan daun pepaya pada kolam, setelah beberapa hari akan tumbuh lumut yang mengandung obat herbal, lumut tersebut adalah obat herbal yang akan dimakan lele. Ini adalah salah satu solusi bagi pembudidaya lele disaat perubahan cuaca yang mendadak. Cuaca panas ke dingin yang tiba-tiba membuat bibit lele kita KO/mengambang. Apalagi untuk kolam terbuka bila hujan tiba akan menyebabkan ph air menurun yang menyebabkan penyakit.

Berikut 7 manfaat daun pepaya untuk lele:
1. Sebagai obat stres ikan lele yang baru dibeli bisa dimasukkan kedalam kolam pembenihan atau penebaran.
2. Sebagai obat bagi ikan lele agar slow dan tenang dalam kolam. Caranya yaitu rajang halus daun pepaya hingga mengeluarkan airnya dan tebarkan dalam kolam sebagai pakan ikan lele.
3. Menghilangkan sifat kanibalisme sesama lele. Manfaat daun pepaya bagi lele juga bisa untuk menghilangkan sifat menyerang satu sama lain atau sifat kanibalismenya. Caranya yaitu dengan mencincang halus daun pepaya dan masukkan sedikit tetesan tebu/Molase, aduk merata dan diamkan selama 15 menit, baru diberikan kepada ikan lele.
4. Meningkatkan kekebalan tubuh ikan lele. Daun pepaya juga bagus sebagai pakan alami yang mampu menambah daya tahan tubuh atau imunitas pada ikan lele. Caranya bisa di cincang lalu dimasukkan kekolam atau bisa langsung di lempar kekolam.
5. Daun pepaya bermanfaat untuk sterilisasi air kolam dari penyakit. Daun pepaya juga mempunyai manfaat lain yaitu membebaskan kolam ikan dari penyakit. Caranya mudah saja, ambil daun pepaya dan tangkainya, tumbuh halus atau rajang hingga hancur, kemudian tebarkan keseluruh kolam ikan lele. Perbadingannya adalah 1 genggam untuk 1 meter persegi. Maka kolam ikan lele akan bebas dari penyakit ikan.
6. Untuk menyeterilkan kolam yang terbuat dari terpal baru. Ini biasanya untuk kolam yang baru dibuat dengan terpal. Agar lele tidak banyak yang mati saat penebaran benih dan pembesaran juga pemeliharaan. Caranya ambil daun pepaya terus tumbuk sampai halus kemudian campur degan air dan semprotkan ke seluruh permukaan daripada terpal atau campur dgn air kemudian di aduk-aduk diamkan selama 15 menit terus di saring dan di semprotkan ke seluruh permukaan terpal baru, biarkan ramuan kering Kurang lebih 5 hari kemudian bersihkan kolam dari kotoran daun pepaya bilas sampai bersih, kemudian kolam diisi air.
7. Sebagai pakan alami lele. Biasanya saya gunakan saat lele sudah usia remaja, selain bisa sebagai obat juga bisa sebagai camilan siKumis.

You can leave a response, or trackback from your own site.

3 Responses to 7 Manfaat Daun Pepaya Untuk Bibit Lele

  1. ridho says:

    kalo kolam diruangan tertutup bisa g juragan? ya pentilasi ada sepertiny ckup bt ruang udara, sinar matahari mmg pling pagi doank kna sinar mtahari…gmn bisa g ya?

  2. JOKO SUSILO says:

    Mau tanya, saya beli ikan lele ukurannya masih kecil-kecil, terus setelah saya pelihara banyak yang mati, obatnya apa ya? mohon resepnya. trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>