Advertising:

7 Perbedaan Lele Sangkuriang Jantan dan Betina

Cara membedakan lele induk jantan dan betina adalah sangat mudah, salah satunya yang paling mudah bisa di lihat dari alat kelaminnya. Ketika berumur 1 tahun pasti akan jelas kelihatan alat kelaminnya. dari situ kita bisa membedakan jantan dan betina.

Berikut ada beberapa ciri-ciri lele jantan dan betina jenis sangkuriang:
Lele Sangkuriang Jantan:

lele jantan

  1. Lele jantan mempunyai bentuk kelamin (Urogenital papilla) yang cenderung memanjang atau menonjol kearah belakang. Terletak pada bagian bawah anus. Jika sudah siap kawin di ujung alat kelamin berwarna kemerahan.
  2. Bentuk tubuh lele jantan cenderung lebih langsing dan panjang dibandingkan dengan bentuk tubuh lele betina. Tetapi ini tidak mutlak karena ada lele jantan yang perutnya bulat karena penuh makanan, ada juga yang ukurannya pendek.
  3. Lele jantan memiliki kepala yang lebih kecil dari ikan lele betina.
  4. Gerakan lele jantan cenderung lebih lincah dari lele betina, karena dengan bentuk tubuh lele jantan lebih langsing dan panjang.
  5. Sifat lele jantan lebih agresif dari ikan lele betina. Jika di tempatkan satu kolam berisi lele jantan dan betina dalam keadaan air masih terlalu bening biasanya lele jantan akan tarung, sampai salah satunya luka bahkan mati.
  6. Lele jantan memilikai warna kulit dada yang lebih gelap dibanding dengan lele betina.
  7. Bila diurut dari bagian perut ke arah ekor induk lele jantan akan mengeluarkan cairan putih kental (spermatozoa+mani)

Lele Sangkuriang Betina:

lele betina

  1. Lele betina memiliki bentuk kelamin (Urogenital papilla) bulat/oval berwarna merah dan membengkak jika sudah siap kawin. Terletak pada bagian bawah anus.
  2. Lele betina memiliki bentuk tubuh yang melebar. biasanya jika sudah siap kawin perut akan terlihat besar karena berisi telur-telur. berbeda dengan lele jantan yang membiliki tubuh ramping.
  3. Lele betina cenderung memilikia bentuk kepala yang lebih besar jika dibandingkan dengan lele jantan.
  4. Gerakan lele betina tidak selincah lele jantan. karena bentuk tubuhnya yang lebuh besar. tapi ini tidak mutlak, kadang lele betina lincah hampir menyerupai kelincahan pada ikan lele jantan.
  5. Sifat lele betina lebih pasif dari ikan lele jantan.
  6. Lele betina memilikai warna kulit dada yang lebih terang dibanding dengan lele jantan
  7. Bila diurut dari bagian perut ke arah ekor induk lele betina akan mengeluarkan cairan kekuning-kuningan (ovum/telur), bahkan ada juga yang mengeluarkan telur berwarna hijau tua / kecoklatan.
Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.