Advertising:

Apa Penyebab Telur Lele Hilang Setelah Pemijahan?

Apa Penyebab Telur Lele Hilang Setelah Pemijahan.Sebelum melakukan pemijahan kita siapkan dulu kolam lele untuk pemijahan, isi kolam dengan air yang bersih (air sumur) dan media tempat telur atau kakaban. Jika sudah langkah-langkah seperti di bawah dapat diterapkan.

Sore melakukan persiapan bak untuk pemijahan lele, memilih indukan yang benar-benar sudah matang gonad untuk dipijah. Jantan alat kelamin sudah memerah meruncing dan betina perut sudah buncit alat kelamin memerah dan sedikit diurut diperut telur keluar. Itu adalah tanda-tanda indukan siap pijah.

Setelah itu dilakukan pemberokan yang bertujuan untuk mengeluarkan sisa makanan yang ada di perut induk. Setelah magrib induk lele jantan dan betina ditaruh di bak. Jam 1 dini hari indukan saling kejar-kejaran. Besok pasti sudah banyak telur yang di keluarkan.

Tetapi pagi dicek kenapa dikakaban tidak ada satupun telur? Kakaban benar-benar bersih dan tidak ada telur. Padahal kondisi induk betina maupun jantan yang akan dipijahkan dalam keadaan baik. Induk betina di cek pada bagian perut sudah kempes yang sebelumnya buncit, kemudian indukan jantan alat kelamin memerah seperti sudah mengeluarkan sperma. Tapi kenapa indukan lele yang saya pijah 3 pasang tidak ada satupun telur dikakaban?

Ada beberapa penyebab telur yang hilang setelah pemijahan:
1. Telur yang sudah keluar dimakan lagi sama induk jantan. Tapi kenapa  dikakaban tak satupun telur yang menempel? Telur yang dikeluarkan induk betina langsung dimakan pejantan sebelum sempat jatuh dikakaban. Dan penyebab lain adalah insting dari alam yang belum hilang yang membuat kanibalisme tinggi.

Mungkin penjelasan dari akun fb Junxiz Estu tentang pengalaman pemijahan dan telur hilang bisa diteriman:
Pernah pijah 2 jantan 5 berina dalam 1 bak. Jantan pertama mijah dengan bagus. Ngikut dibelakangnya jantan kedua main sedot telur yg udah nempel di kakaban dan dasar kolam. Tak bacuk kepalanya pakai clurit.

2. Karena waktu pemberokan antara induk jantan dan betina dicampur kemungkinan waktu pemberokan terjadi perkawinan  dan habis di kanibal. Seperti pengalaman dari akun fb Arif Rahmat:
Sebaiknya dipisah biar tidak ada kawin maling. Karena ketika pemberokan saya memakai air cenderung baru om. Saya pernah mijah masal 10 pasang indukan langsung. Hasil tidak memuaskan. ternyata pas angkat indukan ada ketinggalan 1. ABK saya masukin 21 ekor induk ternyata. Trus pernah mijah indukan bobot 2kg betina jantan 2,1kg. umur 2 tahun. Pas diberok ternyata kawin karena air cenderung baru dan DO cenderung tinggi. Akhirnya ya telur habis dikanibal, dan diputuskan ketika pemberokan sebaiknya dipisah. Begitu pengalaman saya dari 10 tahun yang lalu. Oh ya tambahan lele cenderung bertingkah dengan kondisi baru apa lagi pada DO tinggi. Secara alami lele memijah ketika musim hujan.

Via: Forum Lele Maju Bersama. Ingin bertanya langsung dengan yang bersangkutan? berikut fb nya Yoes Padjadjaran Putra

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to Apa Penyebab Telur Lele Hilang Setelah Pemijahan?

  1. Pingback: Bagaimana Cara Pemijahan Lele Sangkuriang Cara Alami? | bibitlele.net

  2. Maulanacandra says:

    Pak mau tanya, untuk telur lele yg tidak menetas dan mengakibatkan kotor dn bau bgaimana cara membersihkannya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>