Budidaya Gurame di Kolam Tanah: Kepadatan 20 ekor/m2

sponsored

kolam tanah gurameBerapa ukuran kolam pembesaran agar dapat menampung gurame 1000 ekor? itu adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pemula pembudidaya gurame. Disamping ukuran kita juga perlu memperhatikan sirkulasi air sampai pakan.

Berapa Ukuran Ideal Kolam Tanah?
Ukuran kolam merupakan salah satu yang sangat berperan dalam pembesaran ikan gurame. Jika kolam terlalu kecil akan menyebabkan terhambatnya proses pembesaran gurame. Kolam yang digunakan adalah kolam tanah yang berpematang tembok atau tanah. Ukuran kolam yang digunakan 100-500 m2 dengan kepadatan tebar 20 ekor/m2. Tinggi air dalam kolam 70 cm dengan debit air yang masuk ke kolam 15-20 liter/menit.

    1. Persiapan Kolam
      Persiapan kolam diawali dengan pengeringan selama tiga hari hingga tanah tampak retak. Artinya, tanah sudah benar-benar kering dan bebas dari bibit penyakit. Pada pintu pemasukan dan pengeluaran air sebaiknya dipasangi saringan air untuk mencegah masuknya binatang yang dapat menjadi hama bagi gurami. Kolam perlu dipupuk dengan pupuk kandang dari kotoran ayam yang sudah kering sebanyak 500 g/m2, dan kapur sebanyak 25 g/m2.
    2. Perawatan dan Pemberian Pakan Gurame
      Perawatan sehari-hari pada tahap pembesaran hampir sama dengan tahap pendederan. Pakan buatan berupa pelet yang mengandung 25% protein diberikan setiap harinya sebanyak 1% dari total bobot benih. Frekuensi pemberiannya 2-3 kali, yakni pukul 07.00, 11.00, dan 13.00. Sementara itu, pakan tambahan yang diberikan berupa daun sente. Pakan tambahan ini diberikan setiap hari pada pukul 17.00 sebanyak 10% dari total bobot benih.
    3. Lama Pembesaran Gurame
      Untuk menghasilkan gurami sebesar bungkus rokok atau 10-12 ekor/kilo dibutuhkan waktu 75-100 hari. Gurame sebesar ini sudah dapat dipanen dan dijual atau dibesarkan lagi sampai 90-100 hari hingga mendapatkan gurame konsumsi ukuran 500 g/ekor.
    4. Pengaturan Pada Kolam Berukuran Besar
      Jika dibandingkan kolam pembesaran yang berukuran besar, misalnya di atas 500 m2 kepadatan gurami perlu dikurangi hingga menjadi 10 ekor/m2. Selain itu, tinggi air juga dinaikkan menjadi 80 cm, dan debit air masuk 20 liter/menit. Pakan buatan diberikan dua kali sehari, yakni pukul 08.00 dan 13.00. Pada kolam yang luas, kandungan protein pada pelet yang diberikan cukup 20% dari bobot ikan. Daun sente yang diberikan pada sore hari pukul 16.00. Permanen gurami yang dibesarkan di kolam tanah dilakukan dengan mengeringkan sebagian air kolam. Setelah itu, gurami dipanen dengan menggunakan jaring. Via: 1001budidaya

Cara Pembesaran Gurame di Kolam Permanen/Semen dan Di Karamba/Jaring Apung

You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to Budidaya Gurame di Kolam Tanah: Kepadatan 20 ekor/m2

  1. Pingback: Berapa Ukuran Kolam Untuk Pembesaran 1000 Ekor Gurame | bibitlele.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>