Advertising:

Budidaya Kutu Air Untuk Pakan Larva Lele Sangkuriang

MoinaBagaimana cara budidaya kutu air daphnia dan moina sebagai makanan larva lele sangkuriang? Berikut cara kultur daphnia dan moina:

1. Siapkan air yang sudah berwarna hijau karena sinar matahari atau air baru yang sudah diendapkan minimal 1 hari.
2. Siapkan pompa aerator aquarium
3. Pakan daphnia dan moina yang paling baik dan perkembangannya cepat adalah alga (air hijau) bisa dari kolam lele yang di berikan 3 hari sekali.
4. Masukkan bibit daphnia atau moina ke dalam air aquarium atau kolam yang telah disiapkan dan nyalakan aerator.
5. Masukkan alga dari kolam lele sebanyak 5% dari jumlah air yang sudah ada didalam aquarium setiap 3 hari sekali. Setelah hari ke 3-4 jumlah akan menjadi 100 x lipat.
6. Pada hari ke 4 anda bisa panen daphnia sebanyak 80% dengan cara menyaringnya dan langsung berikan kepada larva lele. 20% sisa di aquarium dapat anda jadikan bibit untuk melanjutkan budidaya daphnia. Untuk memproduksi dalam kapasitas banyak tinggal perbanyak media dan sebar bibit daphnia atau moina.

Daphnia magnaJenis zooplankton ini dapat tumbuh optimum pada suhu perairan sekitar 21°C dan pH antara 6,5 sampai 8,5 jenis makanan yang baik adalah bakteri, fitoplankton (alga) dan detritus.

Perkembangan daphnia dan moina sangat cepat, reproduksi dimulai umur 5 hari. Setelah itu waktu satu setengah hari akan bereproduksi kembali dengan jumlah anak sekitar 39 ekor dari 1 induk. Umur daphnia 34 hari, maka selama hidupnya mampu menghasilkan kurang lebih 558 ekor.

Kutu air sangat ideal sebagai pakan alami larva lele, kandungan protein 42,65%, ukuran kecil, kandungan gizi baik, mudah dicerna dan diserap oleh pencernaan bibit lele yang belum terbentuk secara sempurna. Ini adalah salah satu pakan alternatif larva lele jika cacing sutera langka di daerah anda. Selamat mencoba semoga bermanfaat, salam HEBAT SiKumis.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>