Advertising:

Cara Agar Bibit Lele Dapat Besar Merata Sampai Panen

cara-agar-bibit-lele-dapat-besar-merata-sampai-panenAda beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bibit lele tumbuh merata sampai panen, dari kualitas bibit itu sendiri sampai pemberian pakan. Dari beberapa sumber dan pengalaman yang kami ketahui agar bibit lele dapat tumbuh besar merata sampai panen adalah:
1. Kulitas Bibit
Asal bibit? Untuk sekarang ini banyak sekali jenis-jenis induk lele yang sudah bersertifikat, contohnya lele Sangkuring, Phyton, Masamo, Mutiara dll. Kami tidak mempermasalahkan jenis induk, karena jenis-jenis induk sekarang banyak yang sudah diuji. Yang paling penting adalah mendapatkan bibit kualitas 1 atau 2, biasanya pertumbuhan lele saat dari ukur 1-2(2-3cm) sampai 3-5(5-6cm) pasti tidak merata, jika di sortir akan menjadi 3 ukuran. Nah cari pembibit yang jujur, minta bibit sortiran pertama atau kedua, kalau yang sudah kesekian kali bibit lele pertumbuhannya cenderung sangat lambat, tentu itu akan mempengaruhi waktu saat panen lele. Tapi kualitas bibit yang baik biasanya harganya juga berbeda dengan yang di pasaran. Minimal ukuran bibit lele ukur 46(6-7cm) atau ukur 57 (7-8 cm). Semakin besar ukuran bibit semakin lebih mudah perawatannya.

Sebelum membeli bibit lele sempatkanlah melihat, lihat kondisi bibit lele apakah sehat/stres/sakit. Lihat apakah gerakan lele aktif atau cuma diam saja di permukaan air dan terlihat menggantung. Ciri bibit lele yang sehat adalah yang aktif, tidak terlihat diam dan menggantung. Cermatlah dalam membeli bibit lele karena ketika kita membeli bibit yang tidak sehat memerlukan waktu 3-7 hari agar lele dapat beradaptasi di kolam yang baru. Kalau tidak dapat menangani bahkan 90% bibit lele akan mati.

 

2. Pemberian Pakan
Cara pemberian pakan akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan lele. Pemberian pakan di takar sesuai kebutuhan bibit lele, pemberian pakan langsung di tebar di kolam, jangan di satu titik karena ini akan menyebabkan hanya lele di titik itulah yang paling banyak makan pelet. Bibit lele yang terlalu makan banyak pelet juga akan bermasalah karena kesulitan mencerna pelet. Pemberian pelet lebih baik menggunakan probiotik karena pelet yang difermentasi dengan probiotik jika dimakan lele akan mudah dicerna dan nutrisinya lebih mudah terserap oleh tubuh lele. Ini akan sangat menguntungkan karena nutrisi tidak banyak terbuang percuma dan pertumbuhan lele semakin cepat dan masa panen lebih pendek.

Dengan probiotik kita dapat menghemat pakan dan menurunkan FCR. FCR adalah konversi antara jumlah pakan dan daging yang dihasilkan setelah panen. Keuntungan lain dengan penggunaan probiotik adalah air kolam tidak bau, meminimalkan pergantian air besar-besarna karena kualitas air akan terjaga.

Berikut prosentase penyerapan nutrisi dengan probiotik dan yang tidak menggunakan:

  • Pelet dengan probiotik: Nutrisi pelet yang terserap tubuh lele lebih dari 40% bahkan dgn kondisi tertentu bisa sampai 70% jika difermentasi minimal 12 jam.
  • Pakan tanpa probiotik; Nutrisi pakan yg diserap tubuh ikan maksimal 40%.

Selamat berjuang para pengusaha, “Usaha Yang Sukses Adalah Yang Segera Dilakukan” salam Sikumis HEBAT..

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to Cara Agar Bibit Lele Dapat Besar Merata Sampai Panen

  1. M.Rohmat says:

    Bagaimana mengatasi Ph air kolam terpal saya yg fluktuasi dalam sehari perubahan ph bisa 0.2 sd 2 bahkan 3 dijit pagi ph 6.5 jam 11 siang ph 8.2 jam 14 siang ph 9.8 jam 16.30 sore ph 10.5 malam juga kadang ph sampai 11 bahkan kolam yg nggak ikannya juga phnya tinggi sampai 10.5 dan berfluktuasi mohon bantuannya terimakasih dr Rohmat Pekanbaru Pembibitan Lele Sangkuriang

    • Ardy Kustanto says:

      Assalamualaikum Tanpa mengurangi rasa hormat dan bukan bermaksud menggarami air laut,.saya inhin berbagi sedikit informasi yang mungkin sudah pasti antum lebih tau dari saya….. Dalam mengatasi PH air kolam terpal dapat diberikan garam ikan atau umum disebut sebagai garap grosok/ krosok…. Garam ini adalah garam kristal murni. Harganya murah 5 ribu dapat 2 kilo tergantung tempat membeli. Garam diberikan 3 kali sehari jika fluktuasi terus terjadi… Untuk menjaga berikan 1 minggu sekali. Banyaknya garam yang diberikan sebanyak 100 gram/ons untuk 1 m3. Insyaallah PH air lebih terjaga, dan dapat membantu ikan dalam menyerap oksigen terlarut di air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>