Advertising:

Cara Budidaya Gurame di Jaring Apung

jaring apung gurameBudidaya gurame dengan jaring apung atau karamba dapat dilakukan di danau dan waduk atau rawa. Jaring apung dibuat berbentuk bujur sangkar dan diletakkan di danau, rawa, atau waduk yang kondisi airnya baik dan tidak tercemar limbah beracun. Pembesaran gurami di jaring apung biasanya menggunakan jaring berukuran 1 x 1 x 1 m3 hingga 9 x 9 x 2 m3.

Cara pembuatan jaring apung:
Siapkan sarana penunjang berupa drum plastik, pipa paralon ukuran 2 inci, pemberat 50 kg, papan ukuran 3 x 40 x 400 cm, serta tambang plastik berdiameter 0,5 inci. Bentuk jaring apung sesuai ukuran dengan mengatur ikatan tali pada tonggak bambu. Kantong jaring dipasang pada kerangka pada kerangka rakit saat akan ditebari ikan. Pasang kantong jaring dalam posisi yang mantap atau tidak bergeser-geser.
Jaring dibenamkan sedalam sekitar 30 cm dalam perairan dan mencuat sekitar 1 m di atas permukaan air.
Bagian dalam jaring diberi racun dari bahan saponin dengan dosis 10 g/l air untuk menbunuh hewan liar dan ikan pemangsa lainnya. Setelah aman, siap untuk ditebari benih.
Selama masa pemeliharaan, benih diberi pakan berupa pelet yang mengandung 25-30% protein. Pakan tersebut diberikan dengan dosis 3% dari total bobot benih. Pemberian pakan dilakukan secara bertahap saat pagi, siang, dan sore hari. Setelah mencapai ukuran konsumsi, gurami hasil pembesaran di jaring apung sudah dapat dipanen. Pemanenan dilakukan dengan mengangkat salah satu sisi jaring sehingga gurami berkumpul pada sisi yang lain. Penangkapan dilakukan dengan menggunakan seser. Sumber: 1001budidaya

You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to Cara Budidaya Gurame di Jaring Apung

  1. Pingback: Pendederan Gurame Berdasar Ukuran Bibit | bibitlele.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>