Advertising:

Cara Membuat Abon Lele Pedas Maknyus

abon leleBagaimana cara membuat abon lele yang pedas dan maknyus? Pedas memang cocok untuk lidah orang indonesia. Sampai ada yang mengibaratkan makan tanpa sambal itu bagaikan sayur tanpa garam. Nah kali ini adalah resep membuat abon lele pedas maknyus. Rasanya enak dan cocok dinikmati dengan apa saja. Dibuat dari daging lele yang mengandung banyak protein tinggi tentunya yang akan membuat tubuh kita menjadi sehat.

Dulu abon hanya terbuat dari daging sapi atau ayam kini banyak variasi untuk membuat abon lebih maknyus. Salah satunya adalah abon pedas dari daging lele. Pilih lele yang besar 1kg isi 1 atau yang mempunyai bobot 2 kg karena dagingnya lebih banyak dan lebih mudah cara memisahkan daging dengan durinya. Memang di pasaran agak sulit mencari lele dengan bobot diatas. Biasanya ke pembibitan lele punya stok induk lele yang sudah afkir. Harga juga lebih murah dibanding lele ukuran konsumsi.

Resep dan cara membuat abon lele pedas maknyus
Bahan :

  1. 4 kg lele
  2. Santan kelapa
  3. 100gr gula merah diserat halus
  4. 12 siung bawang putih
  5. 20 siung bawang merah
  6. 2 SDM ketumbar
  7. 3 lembar daun salam
  8. Garam
  9. Minyak goreng
  10. 2 batang serai
  11. 1 sendok teh kari bubuk
  12. 5 buah cabai merah keriting
  13. 5 buah cabai rawit merah
  14. 2 butir kemiri sisangrai
  15. 1 sendok teh ketumbar

Cara membuat:

  1. Potong lele dan bersihkan
  2. Kukus lele hingga daging lunak kurang lebih 30 menit
  3. Jika daging sudah lunak, indikasi matang biasanya bau lele sudah terasa. Pisahkan daging, kulit dan durinya. (yang dipakai adalah dagingnya saja)
  4. Haluskan bawang merah, cabai, bawang putih, ketumbar sampai lembut
  5. Goreng bumbu yang telah dihaluskan tadi hingga berbau harus dan tuangkan santan sambil di aduk terus.
  6. Jika sudah mendidih tuangkan daging lele yang sudah di haluskan.
  7. Aduk-aduk sampai mengering dan matang
  8. Abon lele pedas maknyus siap disajikan.

Sebelum disajikan alangkah baiknya dicicipi terlebih dahulu. Untuk anak-anak memang tidak suka dengan pedas tapi untuk orang dewasa sekali cicip pasti ketagihan dengan abon lele pedas maknyus. Khusus untuk anak bahan untuk membuat abon lele dapat anda sesuaikan, dijamin rasa benar-benak maknyus. Apalagi yang tinggal memakannya (katakanlah si suami) pasti akan sangat menyukai masakan abon lele pedas.

Dalam segi bisnis abon lele juga sangat prospek, karena saingannya belum banyak dari bahan lele. Yang penting adalah rasa, kemasan dan pemasaran. Jadi mulailah sekarang juga, kita tidak akan tahu berhasil atau tidaknya suatu usaha jika kita tidak segera memulainya. Salam SiKumis HEBAT…

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>