Advertising:

Cara Membuat Pakan yang Ekonomis untuk Lele

cara-membuat-pakan-yang-ekonomis-untuk-lelePermintaan pasar yang semakin tahun semakin meningkat adalah salah satu bisnis yang berpeluang besar untuk budidaya lele. Dengan modal tidak terlalu besar anda sudah bisa memulai budidaya lele, dengan terpal dan bambu anda sudah dapat membuat sebuah kolam uji coba.

Salah satu agar pertumbuhan lele cepat besar adalah memberi pakan berbahan dasar daging (protein hewani). Pakan yang bagus untuk mendorong pertumbuhan lele dengan cepat adalah keong mas, bekicot dan maggot. Jika penggunakan pakan pabrikan (pelet) berikan yang berprotein tinggi, aroma pelet berprotein tinggi lebih kuat dibanding dengan yang protein rendah. Pola pemberian pakan/pelet pembesaran sama dengan pemberian pakan pembenihan tapi jenis pakan dan porsinya berubah menyesuaikan dengan tingkat pertumbuhan lele. Semakin besar ukuran lele, semakin banyak pakan yang dibutuhkan. Untuk mengirit pakan salah satu caranya adalah membuat pakan tambahan yang dapat di selang seling dengan pakan pokok(pelet).

Cara membuatnya adalah:

  1. Ampas Tahu
  2. Katul / Dedak Halus
  3. Ikan Asin BS

Ikan asin direbus dan dihaluskan, campur dengan perbandingan 10:5:1. Aduk jadi satu dan berikan sesuai dengan kebutuhan lele.
Keterangan:
10 = 10 kg ampas tahu
5 = 5 kg katul atau dedak halus
1 = 1 kg ikan asin bs
Salam Sikumis HEBAT…

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>