Advertising:

Cara Mengatasi Bibit Lele Agar Tidak Banyak Yang Mati Bagi Pemula

Bagaimana cara mengatasi bibit ikan lele agar tidak banyak yg mati bagi pemulaUntuk mas Gitoputra-Bagaimana cara mengatasi bibit ikan lele agar tidak banyak yg mati bagi pemula? Semakin kecil ukuran lele semakin besar resiko kematiannya. Perawatan dan perlakuan juga lebih istimewa. Untuk pembesaran lele, paling kecil yang ambil bibit dari saya adalah bibit ukur 35 panjang kurang lebih 5-6cm. Ukur 35 juga masih rawan mati jika belum tahu cara penanganannya.

  • Persiapan Kolam dan Air:

Sebaiknya persiapkan dulu rumah lele aka kolam secara baik-baik. Isi air dan endapkan kurang lebih 1 minggu. Diberi probiotik juga lebih baik. Ketinggian air 60cm, untuk yang dibawah 60cm bagian atas kolam dapat diberi paranet untuk menjaga suhu kondisi air agar stabil. Karena jika pada musim panas pasti suhu tidak menentu, jika panas terus-terussan makan akan berakibat bibir bibit lele melepuh berwarna merah bahkan ekor juga memerah, contoh gambar seperti yang saya alami (menurut pengalaman saya ya.. heheheh). Ketinggian air dapat ditambah seiring dengan pertumbuhan lele.
mulut bibit lele melepuh warna merah karena kepanasan

  • Persiapan Bibit dan Penebaran:

Cari pembibitan lele yang mempunyai kredibilitas ckckck, ukuran harus seragam, bibit harus sehat, induk bersertifikat. Dari ketiga syarat pencarian bibit yang paling wajib adalah kesehatan. Karena jika bibit lele jika dari awal sudah tidak sehat dan berpindah tempat, biasanya bibit lele yang tidak sehat ini akan sulit beradaptasi dan kemudian mati satu persatu. Bahkan bisa juga yang mati karena janjian aka MASSAL hehehhe… Maka cermat-cermatlah memilih bibit lele.

Setelah mendapatkan bibit lele dengan kualitas SUPER hehehe, tebar di kolam bisa sore atau pagi. Kenapa sore atau pagi? Karena pada saat sore dan pagi hari suhu air di kolam cenderung stabil dan tidak membuat bibit lele stress.

  • Kepadatan Dari Tebar Bibit Sampai Panen:

Untuk pemula per meter persegi (m2) dapat tebar 100 ekor bibit, jika lancar anda dapat menambahkan permenter persegi 150 ekor, jika lancar bisa menambah jumlah bibit sampai 200 ekor per meter persegi. Biasaya yang tebar padat adalah para senior yang sudah banyak makan garam, dari pemberian probiotik yang bertahab sampai penambahan aerator.

  • Pemberian Pakan:

Setelah tebar bibit lele di kolam, puasakan bibit lele 1 hari. biarkan bibit lele beradaptasi di kolam. Pemberian pakan dari awal tebar bisa langsung 3 kali, pagi siang dan malam. Untuk porsi pelet pada hari pertama sedikit, hari kedua lihat kondisi lele, ada yang menggantung apa tidak, jika masih pemberian pakan juga sedikit, pada hari ketiga biasanye lele sudah bisa beradaptasi, kita dapat memberikan pakan sesuai dengan kebutuhan lele.

Jika mas Gitoputra masih bingung bisa datang ke kantor aka kolam kami heheh yang beralamat di dusun ngajeg tirtomartani kalasan sleman yogyakarta, ngopi-ngopi sambil bercerita seputar bibit lele, tapi janjian dulu ya heheheh. Contac. Salam SiKumis HEBAT…

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>