Advertising:

Cara Menghilangkan Lumut Dikolam Pembibitan Lele

Lumut Dikolam Pembibitan LeleLumut adalah salah satu masalah bagi para petani pembibitan lele, karena larva lele dapat terjerat dan akhirnya mati. Benih lele yang berukuran besar juga kemungkinan akan mati karena lumut akan semakin tebal dan mengganggu bahkan menjerat benih lele. Selain menimbulkan masalah pada bibit, lumut juga sangat mengganggu pada saat panen bibit lele. ketika menjaring benih lele yang bercampur lumut kita akan kesulitan untuk memisahkannya. Lumut muncul dapat disebabkan karena kandungan nutrient dalam air tapi kebanyakan karena intensitas sinar matahari yang sangat tinggi.

Cara untuk mengurangi lumut dikolam adalah:

  1. Menaikkan tinggi air kolam. tapi itu saja tidak cukup karena sinar matahari masih dapat menembus sampai ke dasar kolam.
  2. Untuk menghindarinya maka air harus dibuat hijau. Beri pupuk dan biarkan selama 5-7 hari. Cari pupuk yang higienis, pupuk yang paling baik bukan dari kotoran hewan.
  3. Pasang paranet diatas kolam, pilih sesuai kebutuhan karena paranet dapat dilihat dari kerapatannya, macam paranet:
    • Paranet 45%
    • Paranet 50%
    • Paranet 65%
    • Paranet 75%
    • Paranet 80%
    • Paranet 90%

Semakin rapat dan semakin banyak paranet menutupi kolam makan intensitas cahaya matahari masuk akan semakin sedikit sehingga lumut yang tumbuh akan semakin berkurang.

4. Pasang plastik hitam/plastik mulsa. Sama dengan paranet semakin banyak plastik hitam yang dipasang semakin sedikit cahaya matahari masuk ke kolam dan semakin kecil sekali lumut akan tumbuh. Tapi suhu kolam akan menjadi rendah dan dapat mempengaruhi pertumbuhan lele. Tapi tidak perlu kawatir karena plastik hitam dapat menyerap cahaya, sehingga suhu air dalam kolam akan tetap.

Dari cara menghilangkan lumut pada kolam lele ini dapat menginspirasi kita untuk budidaya lele diair yang bening. Selamat mencoba Salam SiKumis HEBAT…

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>