Advertising:

Cara Merawat Lele Umur 15 Hari

bagaimana cara merawat bibit lele umur 15 hari

Bagaimana cara merawat bibit lele umur 15 hari? setelah umur 2 minggu lele sudah lepas cacing sutera, untuk pemberian pakan bisa kita berikan pelet bubuk, jika ragu bisa kita beri cacing sutera sambil pengenalan pelet bubuk. Seterusnya dapat kita berikan pelet bubuk sampai ukuran 2-3cm.

Untuk waktu pemberian pakan yang disarankan adalah sebagai berikut:

  • 3x sehari: 09.00, 15.00, 21.00
  • 4x sehari: 09.00, 13.00, 17.00, 21.00
  • 6x sehari: 09.00, 12.00, 15.00, 17.00, 19.00, 21.00

Pilih salah satu dan konsisten dengan waktu pemberian pakan yang kita pilih.

Untuk pemberian pakan yang baik adalah sedikit-sedikit tapi sering. Itu lebih baik dari pada pemberian pakan langsung banyak dan jarak waktu terlalu lama.

Jika pada dasar kolam kotor kita bisa membersihkan dengan menggunakan selang. Sedot kotoran-kotoran benih lele sehingga kualitas air terjaga. Jika bibit pada kolam padat bisa menggunakan probiotik dan diberi kricikan air, agar kualitas air tetap baik.

Ada beberapa larangan dalam pemeliharaan bibit lele:

  • Setelah pemberian pelet pada lele, kolam jangan di obok-obok karena lele akan stress dan memuntahkan makanannya, itu menyebabkan kolam kotor dan akan menjadi amoniak.
  • Jangan memberi makan lele terlalu pagi karena insang rawan terkena radang.
  • Saat hujan jangan memberi makan lele. Riak atau titik-titik air hujan membuat stress bibit lele yang dapat mengakibatkan lele memuntahkan makanannya.
  • Yang paling penting adalah jangan terlalu banyak memberi pakan lele karena pakan yang tersisa akan menjadi amoniak memperburuk kualitas air dan dapat meracuni lele.

Yang sangat perlu diperhatikan dalam pemeliharaan lele umur 15 hari adalah, kualitas air, pakan/pelet lele dan suhu air. Usahakan suhu air stabil, suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin tidak baik untuk bibit lele. PH air ketika kolam kehujanan juga diukur, jika dibawah/diatas 7 stabilkan. Semoga bermanfaat. Sukses budidaya lele dan salam HEBAT siKumis.

cara merawat bibit lele umur 15 hari

perawatan bibit lele umur 15 hari

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>