Advertising:

Cara Pemijahan Lele Sangkuriang Secara Intensif/Buatan

striping perut lele betinaPemijahan secara intensif atau buatan adalah pemijahan yang dilakukan dengan bantuan tangan manusia. Cara ini memerlukan tingkat ketrampilan dan ketelitian yang tinggi.

Dalam pemijahan secara buatan ini induk lele betina disuntik dahulu dengan menggunakan kelenjar hipofisa atau hormon perangsang, setelah 8-10 jam perut betina diurut agar telurnya keluar. Sedangkan lele jantan dibunuh dan diambil spermanya. Cara menggunakan hipofisa atau hormon perangsang dapat dibaca diSINI.

Alat-alat yang dibutuhkan dalam proses pemijahan buatan adalah:

  • Mangkuk plastik atau kaca
  • Kertas tisu
  • Pinsetsodium klorida 0,9%/cairan infus
  • Pisau
  • Bulu ayam
  • Gunting
  • Suntikan
  • Tempat penetasan telur lele: aquarium/bak fiberglass/bak terpal plastik.

Semua peralatan harus dalam keadaan bersih dan steril. kondisi air harus bersih jernih diisi ke kolam dengan ketinggian 30-40cm.

Langkah-langkah pemijahan buatan/intensif:

  1. Siapkan induk lele jantan yang akan diambil spermanya, pilih jantan yang benar-benar sudah siap kawin, umur lebih dari 1 tahun kelamin panjang dan diujungnya merah. Bedah perut lele jantan secara membujur. Ambil kantong sperma yang berbentuk pipih dan memanjang berwarna putih susu. keluarkan kantong sperma dengan gunting dan tampung dalam mangkuk.
  2. Keluarkan sel telur induk betina dengan cara mengurut/striping perut lele kearah kelaminnya. Tampung telur lele kedalam mangkuk. Ciri induk betina yang siap kawin adalah perut besar alat kelamin bengkak memerah.
  3. Campurkan sel telur dengan sperma dalam mangkuk, potong kantung sperma dengan gunting dan aduk sedikit demi sedikit. Aduk perlahan dengan bulu ayam dan campurkan air bersih agar encer dan merata.
  4. Masukkan telur lele yang sudah dicampur dengan sperma kedalam kolam penetasan, tebar perlahan dengan bulu ayam.
  5. Pasang aerator kedalam kolam penetasan, aerator jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kecil.

Selamat mencoba mengawinkan lele secara buatan. Salam Sikumis HEBAT…

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>