Advertising:

Cara Perawatan Induk Lele Agar Cepat Matang Gonad

induk lele matang gonad dan siap kawinSalah satu syarat agar telur lele dapat menetas sempurna adalah pada pemilihan indukan lele betina yang sudah matang gonad dan pejantan yang sudah benar-benar siap pijah. Banyak para pembenih lele yang mengeluh karena hasil pemijahan kurang maksimal karena telur lele menjadi putih/bonor bahkan separo lebih telur yang tidak menetas. Tentu saja ini adalah masalah bagi petani lele. Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Berikut adalah tips perawatan induk lele agar cepat matang gonad, dari pakan sampai mengatur kualitas air.

Pakan induk lele
Agar induk lele cepat matang gonad salah satu yang harus diperhatikan adalah pakan. Untuk pakan harian biasanya kita beri pelet dengan kandungan protein 30%-33%. Untuk mempercepat proses telur agar matang gonad kita berikan nutrisi yang berupa pakan alternatif untuk induk lele. Dapat kita lakukan dengan cara:

  1. Pakan Alami yang dapat berupa keong mas, cacing tanah, ikan rucah dan daun pepaya.
  2. Pelet induk yang dibibis dengan susu ibu hamil.

Jika cara tersebut kurang praktis anda bisa memberi pakan induk lele dengan pelet yang berprotein tinggi, dapat menggunakan pakan kakap ataupun pakan khusus induk pf128 atau pakan bibit pf100/f999.

Mengatur kualitas air induk lele
Banyak petani lele yang percaya pada bulan-bulan tertentu induk lele kosong telurnya karena sudah melepaskan telur. Sebenarnya ini hanya pengaruh cuaca yang berubah dari musim hujan ke musim kemarau sedangkan perkawinan induk lele pada habitat aslinya adalah saat musim hujan. Untuk masalah ini dapat diatasi dengan mengaliri air tersebut 2 minggu sekali dengan membuang air bagian bawah sebanyak 20% agar ikan terbiasa dengan lingkungan yang dibuat seperti musim hujan.

Dengan memperhatikan tips diatas saya yakin induk lele akan cepat matang gonad. Induk betina cepat matang gonad dan pejantan juga menjadi lebih siap kawin. Salam SiKumis HEBAT…

You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to Cara Perawatan Induk Lele Agar Cepat Matang Gonad

  1. makasih kak informasinya..sangat membantu pemula budidaya lele.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>