Jenis-Jenis Gurame Berserta Foto: 2 Jenis Cepat Besar

Gurame adalah salah satu menu favorit di rumah makan maupun restoran. Orang senang dengan gurami karena tekstur dan rasa dagingnya yang lembut dan lezat. Pada jaringan dagingnya juga tidak terdapat duri-duri halus seperti pada ikan bawal. Tapi ternyata terdapat 8 jenis ikan gurame diantaranya gurame soang, gurame jepun, gurame batu, gurame paris, gurame bastar, gurame bluesafir, gurame porselen dan gurame kapas.

Gurami/Gurame/Grameh (Osphronemus goramy) adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak digemari sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Selain sebagai ikan konsumsi, ikan ini juga dipelihara di kolam maupun akuarium.

Ikan gurami memiliki tubuh yang lebar dan pipih. Gurami ini semula menyebar di pulau-pulau sunda besar yaitu Sumatera, Jawa dan Kalimantan, tapi kini telah banyak dipelihara di berbagai negara di Asia terutama Asia Tenggara dan Asia Selatan serta Australia.

Di alam, gurame banyak hidup di sungai, rawa atau kolam termasuk air payau. Gurame ini merupakan ikan omnivora, ia memakan tumbuhan, serangga, ikan kecil dan barang yang membusuk di air. R.O Adiwinata mengelompokkan gurame menjadi dua strain yakni gurame soang dan gurame jepun. Dari kedua jenis gurame inilah diperkirakan lahir berbagai jenis baru yang kita kenal sekarang.

Jenis-Jenis Gurame:

  1. Gurame SoangGurame Soang
    Gurame Soang atau Gurame Angsa ini adalah jenis gurame yang berasal dari Jawa Barat terutama Ciamis dan sekitarnya sehingga jenis gurame ini juga disebut dengan gurame jawa barat.
    Gurame soang memiliki ciri-ciri memiliki dahi yang menonjol baik jantan maupun betinanya seperi angsa. Bentuk tubuh gurame jenis ini pipih memanjang, memiliki warna tubuh kombinasu putih dan hitam dengan bagian ekor ada warna kemerahan yang hanya akan terlihat jelas saat masig kecil (kurang dari 1 tahun). Gurame soang dapat tumbuh hingga sepanjang 65 cm dengan berat mencapai 8 kg.
  2. Gurame JepunGurame Jepun
    Gurame jepun atau Gurame jepang ini adalah jenis gurame yang memiliki ukuran lebih kecil dari gurame soang. Ukuran gurame jepun yaitu sekitar 45 cm untuk panjangnya dengan bobot sekitar 3,5-4 kg.
    Jenis gurame ini lebih dikenal di daerah Jawa Tengah, dan banyak yang menyatakan bahwa jenis gurame ini merupakan gurame asli Jawa Tengah.
    Gurame ini memiliki warna hitam pekat pada bagian atas tubuhnya serta memiliki sisik putih dengan garis gelap sehingga terlihat keabu-abuan, Saat masih berumur kurang dari satu tahun, gurame ini terlihat agak berwarna kebiruan.
  3. Gurame ParisGurame Paris
    Gurame paris ini memiliki tubuh berwarna oranye. Namun sebenarnya, gurame jenis ini memiliki warna dasar merah cerah hanya saja ada warna putih dibagian tubuhnya sehingga tampak berwarna oranye. Berat maksimal ikan gurame paris yaitu sekitar 1,5 kg.
  4. Gurame BastarGurame Bastar
    Gurame bastar memiliki warna abu-abu kehitaman dan berwarna putih pada bagian kepalanya. Gurame jenis ini memiliki sisik yang lebar dan memiliki pertumbuhan yang cepat.
  5. Gurame KapasGurame Kapas
    Gurame ini memiliki warna putih keperakan terlihat seperti warna kapas dengan sisik yang lebar dan keras/kasar. Pertumbuhan ikan gurame ini cukup cepat, ikan ini dapat tumbuh dengan bobot mencapai 1,5 kg.
  6. Gurame BluesafirGurame Bluesafir
    Jenis gurame ini memiliki warna hitam kemerahan, hampir sama dengan gurame lain yang terlihat kemerahan. Ikan gurame bluesafir dapat mencapai panjang maksimal sekitar 35 cm dan berat sekitar 4 kg.
  7. Gurame BatuGurame Batu
    Jenis gurame batu ini paling jarang dijumpai karena budidaya ikan ini masih sedikit. Gurame batu memiliki ciri-ciri berwarna hitam merata dengan sisik yang keras/kasar.
    Gurame ini memiliki pertumbuhan yang lambat dan ukuran maksimalnya tidak terlalu besar. Saat erumur satu tahun, ikan ini hanya berbobot 0,5 kg.
  8. Gurame PorselinGurame Porselin
    Gurame porselin memiliki warna merah muda yang verah dengan warna putih dibagian bawahnya. Ikan ini memiliki ukuran kepala yang kecil. Pertumbuhan gurame jenis ini cukup cepat dengan bobot rarta-rata mencapai 2 kg.

 

 

2 Jenis Gurame Dengan Pertumbuhannya Yang Cepat 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>