Jenis-Jenis Gurame Yang Cepat Pertumbuhan: Cepat Panen

gurame bastarDalam budidaya ikan gurame salah satu yang perlu diperhatikan adalah jenis gurame karena beberapa jenis mempunyai pertumbuhan yang cepat. Dengan pemilihan jenis gurame yang tepat akan mempercepat masa panen dan menambah keuntungan karena menghemat pakan.

Jenis-jenis gurame yang mempunyai pertumbuhan cepat adalah:

  1.  Gurame Soang
    Gurame Soang berasal dari Ciamis, Jawa Barat. Gurame angsa atau biasa disebut sebagai gurame angsa merupakan jenis gurame asli Indonesia. Jika gurame jenis lain bisa dipanen setelah berumur 1 tahun. Gurame soang bisa anda panen pada saat umur 8 sampai 9 bulan, dengan bobot 500 gram per ekor.
  2. Gurame Jepun
    Gurame Jepun berasal dari Purwokerto, Jawa Tengah. Gurame jenis jepun memiliki tubuh yang relatif kecil. Panjang maksimal hanya 45 cm.
    Namun bobot dari gurame ini cukup berat, yaitu mampu menghasilkan bobot maksimal 3,5 sampai 4 kilogram per ekor. Untuk produksi telurnya, gurame jenis jepun mampu memproduksi telur sebanyak 2.000 – 3.000 butir per sekali pemijahan.
  3. Gurame Bastar
    Gurame Bastar salah satu jenis gurame yang cepat besar dan panen. Gurame jenis ini banyak di budidayakan oleh petani asal Jawa Barat.
    Gurame ini hampir sama dengan gurame jenis soang. Memiliki kemampuan pertumbuhan yang cepat. Namun, produksi telur dari gurame jenis bastar tidak begitu banyak. Yaitu hanya mampu menghasilkan 2.000 – 3.000 butir telur per sekali pemijahan.
  4. Gurame Porselen
    Jenis gurame ini biasanya bukan untuk budidaya pembesaran gurame. Namun untuk persilangan pada saat pemijahan.
    Gurame yang memiliki warna merah muda cerah ini mampu menghasilkan produksi telur yang banyak. Yaitu sekitar 10.000 butir telur dalam sekali pijah. Sehingga cocok untuk anda yang mengembangkan budidaya pemijahan gurame.

Pakan Alternatif Gurame

Sebenarnya masih banyak jenis gurame lain. Namun, yang paling cocok untuk anda budidayakan adalah ke-4 jenis diatas. Karena memiliki pertumbuhan yang relatif lebih cepat dibandingkan dengan gurame jenis lain.

gurame soangDirekomendasikan jenis soang atau bastar karena merupakan jenis gurame yang pertumbuhannya cepat besar. Lebih untuk dan cepat panen, perhatikan juga kepadatan kolam, ukuran kolam dan kondisi air juga mempengaruhi pertumbuhan gurame. Selamat budidaya gurame salam HEBAT

Kami menerima pesanan bibit ikan gurame dari ukur 5-6cm / 2 jarian (silet) wa only 085878520115

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to Jenis-Jenis Gurame Yang Cepat Pertumbuhan: Cepat Panen

  1. Pingback: Budidaya Gurame Kolam Semen: Penebaran-Perawatan-Lama Pembesaran | bibitlele.net

  2. Pingback: Jenis-Jenis Gurame Berserta Foto: 2 Jenis Cepat Besar | bibitlele.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>