Advertising:

Kelebihan & Kekurangan Kolam Lele Kotak vs Bundar

kolam lele kotakAda banyak jenis kolam untuk budidaya lele, dari bahan sampai bentuk kolam berbeda-beda. Nah kali ini kami akan membahas tentang kelebihan kolam bundar dan kolam kotak. Sebelum anda membuat kolam lele bundar maupun kotak sebaiknya ketahui dahulu kelebihan dan kekurangan kolam lele bentuk bulat atau kotak. Agar anda dapat memilih desain kolam yang tepat, tentunya yang sesuai dengan lahan, modal dan keefektifan kolam.

Kolam Lele Bentuk Kotak
Kelebihan:

  1.   Dapat memaksimalkan luasan lahan karena kolam bentuk kotak dapat menjangkau semua sudut dan dapat di susun dempet.
  2. Volume air lebih banyak jika di bandingkan dengan kolam bentuk bundar.
  3. Satu sisi dinding kolam dapat di buat untuk dua kolam
  4. Biaya pembuatan lebih murah.
  5. Pembuangan limbah dan pemanenan lele dapat di lakukan dengan mudah dengan membuat dasar kolam yang di buat kerucut.

Kekurangan:

  1.   Dengan kontruksi berbentuk kotak maka beban pada semua sisi tidak sama, pada sisi kolam yang panjang akan lebih berat menahan beban air, sehingga perlu penyangga jika dinding menggunakan rangka selain beton.
  2. Difusi aerasi tidak dapat menyebar dengan merata jika hanya di berikan pada satu titik. Pada sudut terjauh akan sering tidak terjangkau.

kolam lele bundarKolam Lele Bentuk Bundar:
Kelebihan:

  1. Dengan kontruksi berbentuk bundar sisi kolam lebih kuat menahan beban air dari pada bentuk kotak.
  2. Jangkauan pemberian aerasi lebih merata ke segala arah karena tidak ada sudut terjauh, jika pipa aerasi terletak pada satu titik di tengah. Kolam bundar ini lebih cocok untuk budidaya ikan lele dengan sistem bioflok yang menerapkan tebar padat.
  3. Pembuangan limbah dan pemanenan lele dapat di lakukan dengan mudah dengan membuat dasar kolam yang di buat kerucut.
  4. Terlihat lebih rapi dan modern dari pada kolam berbentuk kotak.

Kekurangan:

  1. Volume air lebih sedikit
  2. Memakan tempat karena membuat kolam bundar tidak dapat berdempetan sehingga lebih banyak lahan kosong yang tidak dapat terpakai.
  3. Biaya pembuatan lebih mahal jika di bandingkan kolam bentuk kotak. Karena setiap sisi tidak kolam tidak bisa di pakai untuk dua kolam.

Kelebihan dan kekurangan kolam bundar vs kotak sudah didapat tinggal menentukan pilihan anda, mungkin anda tahu lebih banyak tentang desain kolam, silahkan tulis pesan anda dibawah ini. Semoga sukses budidaya lele dan salam Si Kimis HEBAT…

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>