Advertising:

Kenapa Bibit Lele Setiap Hari Ada Yang Mati?

Bagi pembudidaya lele hal yang harus diperhatikan adalah menyiapkan kolam sebelum menebar bibit. Bagaimana agar lele tidak kepanasan tidak kena hujan, ketinggian air, kualitas air dll.

1. Jika kepanasan lendir lele akan mengelupas, mulut dan ekor lele akan berwarna merah, mengambang dan kemudian mati.

2. Jika kehujanan dengan intensitas yang tinggi akan menyebabkan PH air kolam menjadi turun dan ini akan menyebabkan masalah pada bibit lele. Nafsu makan berkurang, mengambang dan mati.

kenapa bibit lele setiap hari ada yang mati3. Pemberian pakan yang berlebihan juga menyebabkan masalah pada bibit lele. Pembusukan bahan pakan organik dan un-organik yang tidak terurai yang berasal dari sisa makanan menyebabkan amoniak, dan itu akan menyebabkan masalah pada bibit lele. Kebanyakan lele cenderung naik ke atas permukaan air dan selang 1 hari akan banyak yang mati. Seperti gambar di samping.

Itu adalah 3 permasalahan pada bibit lele yang sering diabaikan tapi sangat berpengaruh pada kehidupan bibit lele.

Banyak yang bertanya-tanya kenapa bibit lele saya setiap hari ada yang mati? Untuk kematian dibawah 5 ekor di awal penebaran tidak masalah. Tapi setelah 3-4 hari bibit lele setiap hari mati 10 – 100 ekor itu adalah masalah besar. Bibit lele yang mati biasanya tenggelam dan keesokan harinya baru mengambang. Kematian setiap hari yang berturut-turut yang menyebabkan setiap hari bibit lele selalu ada yang mati.

Bagaimana cara mengatasi jika setiap hari bibit lele selalu ada yang mati?
Bibit lele setiap hari ada yang mati bisa karena kualitas air tidak bagus, pemberian pakan terlalu banyak, sisa pelet mengendap didasar kolam dan tidak terurai akan menjadi racun. Itu yang biasanya menjadi masalah, lele mulai menggantung dipinggir kolam, jika tidak diatasi akan terjadi kematian massal.

Cara mengatasi:
Pindah lele pada sore/pagi hari ke kolam yang sudah disiapkan. Minimal air sudah didiamkan selama 7 hari dan sudah diberi probiotik sehingga muncul hewan-hewan kecil yang akan menjadi pakan alami lele. Waktu pemindahan dikolam akan terlihat bangkai bibit lele yang ada didasar kolam, biasanya bangkai didasar kolam lebih banyak daripada yang mengambang. Puasakan 1 hari dan beri pakan dengan takaran sedikit seiring pergantian hari pemberian pakan di tambah sesuai kebutuhan lele. Selamat mencoba salam SiKumis HEBAT

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to Kenapa Bibit Lele Setiap Hari Ada Yang Mati?

  1. willy says:

    Lele sdah di pindahkan ke kolom baru masih banyak yg mati

  2. ketemu juga yang dicari..makasih kak infonya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>