Advertising:

Kenapa Lele Diberi Pakan Alternatif Selang 1 minggu Mati Satu Persatu?

Kenapa Lele Diberi Pakan Alternatif Selang 1 minggu Mati Satu PersatuUntuk pertanyaan gan arbi, saya beli anakan lele umur gak tau (sebesar jari telunjuk) tapi stelah 1minggu kok pada mati satu persatu yah gan? Untuk makan nya saya kasih makan pelet dan ayam yang dibakar apa boleh di kasih makan gituan.

Pakan alternatif seperti ayam tiren biasanya diberikan kalau lele sudah remaja. Kalau masih seukuran jari telunjuk katakanlah ukur 57 biasanya pakai pelet, kalau mau pakai pakan alternatif tentunya ada cara pengolahannya.

Berikut cara pengolahan ayam tiren untuk lele remaja, tapi saya tidak menyarankan ya agan arbi.

  1. Ambil ayam tiren. buang bulu dengan cara dibakar sampai ayam terlihat bersih dan gosong. Dibelah baru dibakar sampai gosong lebih bagus.
  2. Ikat kaki ayam dengan menggunakan tali, lempar ayam bakar tiren ke kolam, dalam waktu 1-2 jam angkat ayam tiren, jika ada sisa buang atau kubur. Kenapa? karena kalau masih ada sisa ayam tiren membuat kondisi air jelek, dan tentunya lele tidak betah di kolam.

Cara membuat pakan alternatif bibit lele dari ayam tiren, sekali lagi saya tidak menyarankan ya agan arbi.

  1. Giling ayam tiren dan jadikan adonan agar ikan lele yang masih kecil dapat memakan pakan alternatif ini. Takaran pemberian adonan harus diperhatikan jangan sampai kelebihan.

Kenapa tidak disarankan menggunakan ayam tiren untuk pakan lele?

  1. Ribet, dengan menggunakan pelet lebih praktis, asal lele tidak banyak yang mati pasti tetap untung.
  2. Kualitas air jadi cepat jelek, menyebabkan lele tidak nyaman dikolam, air menjadi bau, lele menjadi penyakitan. Lele mati satu persatu, yang diatas ada 1,2-5 tapi nanti kalau diganti air setengahnya biasanya yang di dasar lebih banyak yang mati. Ingin menghemat pakan tapi malah ujung-ujungnya lele mati, kalau tidak segera diganti air lele mati masal. Jadi silahkan dipilih mau pakai pakan alternatif atau pelet. Salam SiKumis HEBAT…

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>