Advertising:

Keuntungan Dan Manfaat Konsumsi Lele Organik

keuntungan dan manfaat konsumsi lele organikLele adalah salah satu jenis ikan air tawar yang sangat banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Harga murah dan budidaya mudah salah satu faktor lele menjadi pilihan nomer satu oleh masyarakat. Banyak keuntungan mengonsumsi lele, apalagi dengan lele organik yang diperoleh dengan menggunakan teknik budidaya ramah lingkungan dengan memanfaatkan mikroorganisme pada kolam. Keuntungan mengkonsumsi lele organik tentunya lebih menyehatkan karena daging lebih rendah lemak dan rasanye lebih enak.

Manfaat konsumsi lele untuk kesehatan adalah:

1. Kaya Omega 3
Bermanfaat untuk membantu pada proses perkembangan otak janin pada ibu hamil. Juga penting untuk perkembangan fungsi penglihatan dan saraf bayi.

Manfaat lele memang sangat terkenal penting untuk ibu hamil, kandungan omega 3 dan protein yang sangat baik membuat ikan ini menjadi tempat gizi yang diperlukan ibu hamil dan janinnya. Selain itu ikan lele, juga menjadi ikan yang sangat baik untuk meminimalisir terjadinya berbagai penyakit kardiovaskuler seperti jantung dan menjaga pembuluh darah tetap baik.
2. Sumber protein
Lele adalah sumber protein hewani yang cukup tinggi, kandungan proteinnya sekitar 25%. Didalam protein lele mengandung semua asam amino esensial lisin, metionin dan leusin yang kadar proteinnya lebih tinggi jika dibanding dengan protein pada susu dan daging. Hampir 70% ikan tawar memiliki protein dengan kadar sistin dan metionin yang tinggi. Leusin bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan pada anak, juga bermanfaat untuk pembentukan dan perombakan otot. Lisin membantu proses pertumbuhan anak, sedang pada proses pengobatan penyakit herpes dibutuhkan lisin yang akan menjadi kerangka untuk niasin.

3. Rendah lemak
Lemak yang terdapat pada ikan lele merupakan lemak dengan sifat yang sederhana, yaitu trigliserida yang netral. Lemak yang rendah ini banyak terdapat di bagian perut, terutama pada tubuh ikan bagian sebelah bawah serta yang terdapat di dalam hati ikan. Terdapat juga lemak yang bersifat komplek. sebab rendah lemak maka kolesterol secara tak langsung bisa ikut tertekan.

4. Kaya Phospor
Kandungan phospor  pada ikan lele yang mencapai 167 mg/ 100 gm terbukti lebih tinggi dari pada yang terkandung di telur yang hanya 100 mg. Phospor bemanfaat untuk memberi kekuatan dan energi dalam metabolisme lemak dan pati, menjadi penunjang kesehatan gusi dan gigi, membantu sistesis DNA, serta membantu penyerapan / pemakaian kalsium  Phospor juga lebih banyak dibutuhkan pada ibu hamil karena bermanfaat untuk pembentukan tulang pada janin. Jika asupan phospor pada ibu hamil kurang, maka janin akan mengambil phospor dari tulang sang ibu. Inilah penyebab terjadinya osteophorosis.

5. Kesehatan Kardiovaskuler
Perbandingan kalium dan natrium pada ikan lele yang mencapai 24,7 : 1 bisa tergolong tinggi  sehingga sangat bagus untuk kesehatan cardio dan pembuluh darah Anda.  Syarat sebuah makanan dikatakan baik untuk kesehatan jantung merupakan jika perbandingan kalium terhadap natrium lebih dari  6 : 1. Kalium berfungsi sebagai :

  • Dapat Membantu dalam pengendalian tekanan darah
  • Sebagai pembasmi CO2 (karbondioksida) yang terkandung di dalam darah
  • Sebagai pemicu simpul syaraf dan kerja otot .
  • Jika terdapat pada kadar tinggi  , maka bisa melancarkan kiriman oksigen menuju otak
  • Melancarkan keseimbangan kadar cairan dalam tubuh Anda.

6. Sumber Protein Pendek
Ini berakibat daging lele lebih gampang untuk dicerna oleh tubuh Anda dan sangat aman untuk sistem pencernaan tubuh, jika anda ingin memakan daging yang mudah di cerna, lele menjadi pilihan utama.

Masih ragu konsumsi lele organik? 6 manfaat mengonsumsi lele diatas patut anda pertimbangkan jika anda masih ragu dengan lele. Salam siKumis HEBAT…

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>