Masa Panen Gurame Berapa Bulan? Kolam Tanah & Kolam Terpal

gurame terbesar

Masa panen gurame yang ideal adalah 9 – 11 bulan. tapi kondisi kolam atau jenis budidaya yang digunakan akan menentukan umur panen gurame. Intinya jika budidaya gurame dilakukan secara intensif akan lebih baik dan cepat panen.

Banyak yang menanyakan “berapa bulan gurame dapat di panen?” ada yang mau memulai karena masa panen yang lama dibanding ikan nila atau lele jadi ragu-ragu. Memang lebih lama panen dibanding nila dan lele, tapi untuk harga lebih bagus gurame dan segi pakan dapat menghemat karena gurame seukuran 3 jarian sudah mau di beri daun-daunan, misal daun lompong atau sente.

Berikut ini perbandingan tentang masa panen gurame yang ideal kolam tanah dan terpal:

1. Masa Panen Ikan Gurame Kolam Terpal
Masa panen ikan gurame yang ideal untuk kolam terpal sangat bervariatif. Dari beberapa pengusaha budidaya ikan gurame mengatakan tidak semua kolam memiliki masa panen yang sama.
Namun secara garis besar sebagai berikut :

  • Umur 1 bulan berkisar 70,5 gram per ekor
  • Umur 4 bulan berkisar antara 250 – 282 gram per ekor
  • Umur 8 bulan berkisar antara 450 – 564 gram per ekor
  • Umur 10 bulan berkisar antara 650 – 705 gram per ekor

2. Masa Panen Ikan Gurame Kolam Tanah
Masa panen ikan gurame yang ideal untuk kolam tanah sedikit lebih cepat dibandingkan dengan budidaya gurame kolam terpal. Dengan catatan ransum atau pakan yang diberikan dalam jumlah yang sama.

Berikut ini pertumbuhan ikan gurame pada kolam budidaya kolam tanah secara garis besar :

  • Umur 1 bulan sekitar 73,5 gram per ekor
  • Umur 4 bulan berkisar antara 264 – 294 gram per ekor
  • Umur 8 bulan berkisar antara 538 – 588 gran per ekor
  • Umur 10 bulan berkisar antara 700 – 735 gram per ekor

Anda dapat menentukan umur panen gurame yang ideal jika di budidayakan di kolam terpal. Kondisi dan pertumbuhan ikan gurame diatas bisa saja berubah. Mengingat membudidayakan gurame di kolam terpal tidaklah mudah.

Dengan catatan ransum atau pakan memenuhi standar budidaya ikan gurame. Namun untuk memastikan, anda bisa melakukan observasi sendiri. Sehingga mendapatkan grafik pertumbuhan ikan gurame yang tepat dengan cara atau teknik budidaya yang anda gunakan.

Dengan demikian, anda bisa menentukan masa panen ikan gurame yang ideal tergantung teknin budidaya yang sedang anda gunakan.
Selain itu, berat ikan gurame yang ideal untuk dipanen bisa anda sesuaikan dengan permintaan pasar. Sehingga bisa anda kalkulasi sendiri berapa biaya yang akan anda butuhkan untuk budidaya ikan gurame.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>