Advertising:

Memperbanyak Kutu Air Daphnia sp Dengan Susu Bubuk

Memperbanyak Kutu Air Daphnia sp Dengan Susu BubukKutu air biasanya digunakan untuk pakan anakan ikan hias yang baru saja menetas, jika jumlah anak ikan banyak tentu kita juga membutuhkan banyak kutu air. Kita bisa membeli tapi kadang pasokan kutu air tidak bisa diandalkan kontinyuitasnya. Untuk mengatasinya kita bisa mengkultur (memperbanyak kutu air) salah satunya dengan pakan susu bubuk, berikut bahan dan caranya:

1. Sediakan bibit kutu air
2. Sediakan ember kultur bisa ember biasa yang digunakan untuk mencuci pakaian, kolam semen ataupun kolam terpal.
3. Air yang sudah dijemur beberapa hari hingga warnanya hijau
4. Aerasi

Isi 1/2 ember dengan air dari sumur, isi lagi 1/4 air yang berwarna hijau. Masukkan bibit kutu air kedalam ember kultur, diamkan satu hari. Untuk pemberian pakan susu bubuk bisa di berikan 1 sampai 2 hari setelah bibit kutu air dimasukkan. Untuk takaran susu bubuknya adalah 1/4 sendok teh dan larutkan dalam ± 200cc air, aduk sampai merata dan siramkan ke ember/kolam kultur kutu air. Hidupkan aerasi tanpa batu aerator dan setel hingga gelembung-gelembung udara yang keluar kecil. Tempatkan ember yang tidak terkena sinar matahari dengan suhu air antara 26ºC-27ºC.

Jika dalam waktu 3 hari terlihat jumlah kutu air tersebut berlipat ganda berarti kultur dapat dikatakan berhasil. Tunggu sampai satu minggu dan kutu air Daphnia siap dipanen. Sisakan 25% untuk memperbanyak kutu air. Jika kebutuhan banyak tinggal memperbesar media. Semoga bermanfaat salam HEBAT SiKumis.

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to Memperbanyak Kutu Air Daphnia sp Dengan Susu Bubuk

  1. zuki says:

    Pa kalo pake air PAM bisa ga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>