Mengobati Lele Kembung Dengan Ramuan Herbal

sponsored

ramuan herbal obat lele kembungBanyak faktor yang menyebabkan lele kembung, pemberian pakan berlebihan, kandungan air, pH air, bakteri dll. Gejala lele perut kembung biasanya sering terjadi pada saat masih kecil atau benih.

Untuk pengobatan lele kembung berikut bahan-bahannya:
1. Batang serai 3
2. Bawang putih 100 gram
3. Kunyit 250 gram
4. Lada 100 gram
5. Kencur 200 gram
6. Temulawak 200 gram
7. Gula merah 500 gram
8. Air 5 liter

Cara membuat ramuan herbal:
1. Bawang putih, kunyit, lada, kencur, temulawak dihaluskan bersama gula merah.
2. Rebus hingga mendidih, lalu masukkan batang serai ke dalamnya. Tunggu hingga aroma batang serai meruap. Kemudian semua bahan-bahan yang telah dihaluskan dimasukkan. Panaskan dan aduk hingga merata semua bahan tercampur.
3. Kurang lebih 30 menit direbus dan sudah didapat aroma jamu meruap bahan bisa didinginkan terlebih dahulu. Air rebusan bisa ditambahkan 2-3 liter air. Saring air rebusan dan masukkan kedalam wadah, botol atau galon untuk menampung jamu.

Dosis pemakaian rabal:
100 ml + 1 liter air untuk kolam ukuran 4 x 2 meter. Berikan 3-4 hari sekali. Bisa tambahkan 3 genggam garam dalam kolam.

Ramuan herbal untuk mengobati lele kembung dapat diberikan setelah terlihat gejala lele kembung, bisa juga digunakan sebagai pencegahan. Semoga bermanfaat salam HEBAT SiKumis.

Sumber: https://www.facebook.com/wongso.gank

https://www.facebook.com/groups/komunitaslelesangkuriang/

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>