Advertising:

Pelet Ikan Murah Dan Berkualitas Dari Bahan Enceng Gondok

Pakan Ikan Murah Dan Berkualitas Dari Bahan Enceng GondokKini pelet murah dan berkualitas dapat dibeli dengan harga Rp 5.000/kg. Ini adalah hasil pengembangan dari Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi yang berbahan enceng gondok. Dengan kandungan protein yang cukup pelet berbahan enceng gondok dapat dibuat. Ini sangat cocok untuk para pembudidaya ikan karena harga pelet yang semakin hari terus melambung.

3 Keuntungan menggunakan pelet dari enceng gondok adalah:

  1. Mampu merangsang nafsu makan ikan sehingga pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat.
  2. Menambah pemasukan masyarakat karena dapat BBPBAT siap membeli enceng gondok.
  3. Harga lebih murah dan berkualitas.

Kepala BBPBAT Sukabumi Sarifin di Sukabumi mengatakan kami mencari formulasi untuk menciptakan pakan ikan yang murah dengan kandungan gizi yang tinggi dan berkualitas.

Pelet ikan dengan bahan baku dari eceng gondok adalah inovasi yang ditemukan para ahli perikanan di BBPBAT Sukabumi. Tanaman ini selalu dianggap hama dan limbah oleh para pembudidaya ikan karena pertumbuhannya di kolam yang cepat sangat mengganggu.

Ternyata kandungan protein enceng gondok yang sudah dikeringkan mencapat 13%, ini lebih tinggi dari dedak yang juga merupakan bahan utama pembuatan pelet ikan. Bahkan kedepan enceng gondok bisa sebagai pengganti tepung ikan yang selama ini masih ekspor. Penelitian ini dilakukan oleh BBPBAT Sukabumi. Sementara ini pelet dari bahan enceng gondok cocok untuk pakan ikan herbifora dan omnivora seperti: lele, nila, gurame.

Keunggulan lain dengan bahan enceng gondok ini adalah mampu merangsang nafsu makan ikan sehingga pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat. Dari hitungan sementara pelet dari bahan dasar enceng gondok akan dijual dengan harga Rp 5.000/kg, ini jauh lebih murah dibanding pakan pada umumnya yang mencapai Rp 15.000/kg.

Penggunaan enceng gondok sebagai bahan pelet juga mempunyai efek simbiosis mutualisme. Karena BBPBAT siap menerima enceng gondok dari pembudidaya ikan dengan harga Rp 1.000/kg dengan kondisi kering. Sehingga enceng gondok yang selama ini dianggap hama dan limbah dapat menghasilkan pemasukan bagi pembudidaya ikan. Sumber: beritasatu. Salam SiKumis HEBAT

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

3 Responses to Pelet Ikan Murah Dan Berkualitas Dari Bahan Enceng Gondok

  1. Iskandar agung says:

    Saya tertarik dgn pakan lele alternatif dari enceng gondok, bisa minta no kontak BBPBAT Sukabumi?

    • Barkudin says:

      saya sangat tertarik dengan makanan lele dari bahan eceng gondo pak? kebetulan saya sedang usaha ternak ikan lele dan sudah hampir putus asa, dikarenakan: 1. Makanan lele pelet sangat mahal dan ikan yang saya terna sangat lambat besar. dari 10.000. bibibt baru terjual +_ 70 kg dan besarnya sangat tidak merata. bagaimana caranya pelet ecenggondok tadi pak bisa dipesan atau biasa bantu saya bagaimana cara mengolah pembuatan terima kasih. Alamat Palembang sumatera selatan.

      • Yuliardi says:

        saya sangat tertarik dengan makanan lele dari bahan eceng gondo pak? kebetulan saya sedang usaha ternak ikan lele dan sudah hampir putus asa, dikarenakan: 1. Makanan lele pelet sangat mahal dan ikan yang saya terna sangat lambat besar. bagaimana caranya pelet ecenggondok tadi pak bisa dipesan atau biasa bantu saya bagaimana cara mengolah pembuatan terima kasih. Alamat Palembang sumatera selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>