Advertising:

Pencegahan & Cara Mengobati Jamur Pada Bibit Lele

obat jamur leleCiri-ciri benih lele yang terserang jamur adalah terdapat bintik-bintik putih pada sekujur tubuh lele, bintik putih ini akan menyebabkan lendir pada kulit lele hilang dan mengakibatkan daya tahan tubuh lele lemah.

Jika tidak segera diobati akan menyebabkan kematian masal. Pada bulan agustus 2014 bibit ukur 57 kami siap panen tapi terserang penyakit jamur, karena terlambat penanganannya banyak bibit lele yang mati. Lele yang mati menyebabkan air di kolam menjadi sangat bau. Banyak lele yang menggantung, yang berenang tidak beraturan seperti roket juga ada.

Untuk pencegahannya bisa melakukan hal berikut:

  • Lakukan perawatan air secara rutin/intensif. Berikan kricikan air agar air yang kotor dapat terbuang di buangan air.
  • Berikan probiotik atau obat rabal (ramuan herbal) untuk pemeliharaan air kolam.
  • Segera ganti air kolam bila kualitas air sudah jelek dan berbau. Bisa mengganti 50% air di kolam, jika bau sangat menyengat bisa mengganti sampai 75%.
  • Untuk pemberian pakan/pelet sebaiknya diseduh dulu menggunakan air hangat dan campur dengan probiotik setelah 10 menit bisa diberikan ke lele.

Pengobatan jika bibit lele sudah terlanjur terserang penyakit jamur, kita lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Membuat ramuan obat herbal dengan bahan-bahan sebagai berikut.

  • 2 biji bawang putih
  • 10 lembar daun sirih
  • 1/4 kg kunir
  • 10 lembar daun pepaya (jika daun pepaya tidak ada bisa menggunakan daun jambu biji atau daun kipahit).

Cara membuat obat herbal jamur:

  • haluskan semua bahan-bahan diatas (bisa menggunakan blender)
  • rebus bahan-bahan yang sudah diblender dengan air bersih 2 liter dan biarkan hingga dingin.

Cara menggunakan obat herbal:
Bisa langsung menyiramkan secara merata di kolam dengan dosis 1 gelas per hari (harus di lakukan sampai ikan benar-benar sembuh). Dalam proses pengobatan ini tetap saja akan ada bibit lele yang mati.

2.  Jika telat penanganan dan dirasa banyak sekali bibit yang mati karena terserang jamur segera angkat pralon buangan air dan biarkan ikan yang terserang penyakit jamur melambaikan tangan.

penyakit lele

Semoga pencegahan dan pengobatan bibit lele diatas dapat menjadi solusi bagi anda yang mengalami permasalahan penyakit lele terutama jamur. Salam SiKumis HEBAT.
Sumber obat jamur herbal: benihikangunungkidul.blogspot.com

You can leave a response, or trackback from your own site.

4 Responses to Pencegahan & Cara Mengobati Jamur Pada Bibit Lele

  1. Pingback: 5 Penyakit Lele Dan Pengobatannya | bibitlele.net

  2. martib darukutni says:

    Selamat sore,,,sy memelihara ikan lele ukuran 7,8 cm dikolam tembok di depan rumah kira2 400 ekor dg uk kolam 1,5 mx 2 m..awalnya lele sy pd sehat dan seger nafsu makan.bagus,,pada saat lele umur 30hari setelah itu sy coba masukan makanan sisa yaitu daging sisa yg sudah matang(sisa makanan),,dan cukup pedas,,, akhirnya mlh jd pd sakit,,bagian kumisnya jd pd rusak/luka dan berwarna kemerahan,,,,.mohon petunjuk dan bantuannya,,trims atas perhatiaanya,,wassalam

    • kuriang says:

      ganti 50% air, puasakan lele 1 hari, beri pakan sedikit, jika keadaan lele sudah normal bisa memberi pakan sesuai kebutuhan lele.

  3. Mintarso says:

    Ikan lele saya masih 2 minggu banyak yang mati terkena karat/teyeng, gmana gan cara penangannanys

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>