Advertising:

Penyakit Benih Lele Ciri Mulut Merah Dan Mengabang

penyakit lele dengan ciri mulut memerah dan mengabang (2)Penyakit bibit lele ini timbul setelah kami melakukan sortir, sortir ikan di lakukan pada malam hari. Ada 3 ukuran yang kami dapat ukuran rete(dibawah 1-2), 1-2, 2-3cm. Kami tampung dalam 3 kolam berukuran 2×3 meter dengan ketinggian air 30cm dan diseleksi sesuai ukuran. Dari ukuran tersebut yang paling banyak adalah ukuran 1-2cm, kurang lebih 20.000 ekor. Setelah seleksi bibit lele kami puasakan 1 hari.

Selang 1 hari, pagi kami beri pakan dengan takaran seperti biasa, napsu makan lele baik, tapi bibit ukuran 1-2cm mulai ada yang mati. Kurang lebih 100 ekor yang mati. Dengan ciri-ciri mulut merah seperti luka dan mengambang, ada beberapa yang masih lincah mulut memerah juga. Keadaan air pada waktu itu masih stabil sama seperti 2 kolam yang lain.

Pada siang hari kami cek kolam, napsu makan bibit juga masih baik. Suhu air di kolam ukuran 1-2cm lebih hangat dibanding 2 kolam lainnya. Keadaan air waktu itu berbuih, lebih banyak buih dari pada 2 kolam lainnya. Untuk kematian bibit lele kurang lebih 50 ekor, lebih sedikit dari pada pagi hari.

Pada malam hari, napsu makan baik terlihat lebih banyak bibit lele yang ke permukaan air untuk memakan pelet. Suhu air di kolam ukuran 1-2cm masih lebih hangat dibanding dengan 2 kolam ukuran rete dan 2-3, tapi buih sudah mulai berkurang. Untuk kematian bibit kurang lebih 25 ekor lebih sedikit dari pada siang hari.

Prediksi kami ada 3 kemungkinan:

  1. Karena terlalu padat, air yang berbuih biasanya menandakan kolam yang terlalu padat. Untuk mengatasinya kami sudah melakukan penjarangan dan memberikan probiotik.
  2. Faktor suhu, suhu air di kolam yang terlalu panas menimbulkan penyakit. Untuk mengatasinya kami menambah ketinggian air 10cm dan memberi paranet diatas kolam.
  3. Kemungkinan terlalu lapar karena 1 hari tidak di beri makan dan sifat kanibalismenya muncul. Saling makan sehingga mulut terlihat luka memerah.

Kita cek besok apakah 3 prediksi dan solusi diatas bisa memperkecil kematian benih lele. Semoga saja permasalahan penyakit dan solusi diatas dapat berhasil dan artikel ini bermanfaat bagi anda. salam SiKumis HEBAT.

obat lele dengan ciri mulut merahpenyakit lele dengan ciri mulut merah
penyakit lele dengan ciri mulut memerah dan mengabang

 

 

 

Contoh foto bibit lele ukuran 1-2cm yang mati dengan ciri mulut memerah seperti luka dan mengambang.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>