Advertising:

Penyebab Bibit Lele Mati, Ciri Perut Penuh Makanan & Menggantung

penyebab bibit lele mati

Sudah membayangkan hasil keuntungan penjualan bibit lele tapi tiba-tiba bibit lele yang ada di kolam mengalami kematian yang tidak sedikit. Ciri-ciri lele sebelum mati adalah lele menggantung/hormat. Setelah dicek dan diambil perut lele penuh dengan makanan. Ini adalah salah satu permasalahan yang kami alami. Setelah dianalisa menurut kami ada 3 faktor yang menyebabkan bibit lele mati dengan ciri seperti di atas.
1. Pemberian pakan yang berlebihan

Penyebab Bibit Lele Mati, Ciri Perut Penuh Makanan & MenggantungPemberian pakan/pelet yang berlebihan tidak baik, karena sisa pakan yang kita berikan pada bibit lele akan menjadi penyakit. Pakan yang mengendap di dasar kolam akan menjadi amonia dan menyebabkan air menjadi rusak. Air menjadi bau dan menyebabkan lele sering naik ke permukaan. Lele yang sering dipermukaan air adalah salah satu ciri yang menandakan kandungan air di dalam kolam sudah tidak bagus.

 

 
2. PH air yang sangat tinggi atau rendah.

cara cek ph air
PH air yang terlalu tinggi atau rendah tidak baik bagi bibit lele, PH air yang baik/netral untuk bibit lele adalah stabil di angka 7. PH kurang dari tujuh bersifat asam dan PH lebih dari tujuh bersifat basa. PH air saat itu kami ukur adalah di angka 9 mendekati 10. Ini adalah salah satu permasalahan besar kami. Setiap hari semakin banyak bibit lele yang mati. Yang menggantung dan mati terapung banyak, kami cek di dasar kolam ternyata banyak yang mati juga.

3. Suhu yang tidak stabil
Kolam kami pada saat itu adalah kolam permanen yang di buat di pinggir kali dekat dengan persawahan. Pada saat malam hari terasa dingin sekali dan pada siang hari terasa panas sekali. Kolam tanpa diberi paranet dan tanpa atap dari plastik UV. Saat itu adalah awal musim penghujan. Tanpa paranet dan plastik UV itu adalah salah satu yang menyebabkan suhu tidak stabil, di campur dengan kiriman air hujan yang akan mengakibatkan air dikolam menjadi asam.

penyebab bibit lele menggantung

Menurut kami 3 faktor diatas yang menyebabkan bibit lele mati dengan ciri perut penuh makanan dan menggantung. Untuk solusi mengatasi permasalahan tersebut akan kami bahas di postingan berikutnya. Bagaimana cara mengatasi bibit lele yang menggantung? Bagaimana cara menurunkan dan menaikkan ph air? Bagaimana setting kolam agar suhu tetap stabil? Salam SiKumis HEBAT.

You can leave a response, or trackback from your own site.

44 Responses to Penyebab Bibit Lele Mati, Ciri Perut Penuh Makanan & Menggantung

  1. Pingback: Cara Mengobati Benih Lele Menggantung/Hormat/Berdiri | bibitlele.net

  2. sui ching fu says:

    Ikan lele tiap hari zda yg mati .1 atau 2 ekor.apa peyebabnya
    Mhn bls

  3. Andy says:

    Bagaimana cara penggantian air kolam lele untuk kolam yg airnya sudah tidak bagus . Saya punya 3 kolam lele

    • kuriang says:

      puasakan lele, ganti 1/3 air kolam, buang air bagian bawah. bisa di isi air baru, bisa juga di isi menggunakan air kolam sebelahnya jika airnya masih bagus. pergantian air dapat di lakukan pada pagi / sore hari.

      • jumbui says:

        Kenapa bibit/benih lele saya selalu mati , ada saran gk biar bibit lele saya ngk mati lgi , mohon bantuannya ‘ thx

        • kuriang says:

          1. asal bibit? dari kolam tanah atau terpal atau permanen? biasanya dari kolam tanah di pindah ke kolam terpal atau permanen bibit tidak kuat
          2. bibit terlalu padat
          3. pemberian pakan yang berlebihan
          4. kondisi air di kolam saat tebar bibit sudah siap apa belum
          5. bibit yang mati ukur berapa? saat tebar atau sudah berjalan beberapa minggu? banyak penyebab bibit mati.
          untuk bibit lele berkualitas kami juga menyediakan. lihat di http://bibitlele.net/benih-ikan/

  4. Alfian Faiz says:

    mau tanya nih, masih seputaran pembibitan lele..
    saya punya 4 (2 pasang) indukan lele.. tapi setelah satu minggu pemijahan indukan lele saya mati, dan sekarang tinggal 1 pejantan saja.
    lele aku tempatkan pada satu kolam dengan ukuran 1x1m dengan kedalaman air -+65cm.(air keruh hijau kecoklatan)
    untuk pakan setiap hari aku beri cacahan keong/bekicot pada pagi dan sore hari, terkadang aku juga memberi pakan cacing tanah yang masih hidup..
    lalu bagaimana agar indukan lele
    tidak mati lagi? apakah harus dipisahkan satu satu atau bagaimana? kalau memang harus dipisahkan berapa ukuran kolam yang layak?

    • kuriang says:

      induk lele setelah pemijahan biasanya saya sendirikan, apalagi yang betina, kadang sampai luka parah saya karantina sampai sembuh baru bisa di campur lagi. untuk pakan sudah sangat bagus, keong bekicot dan cacing sangat bagus untuk induk lele.

      • Alfian Faiz says:

        terima kasih telah merespon pertanyaan saya.
        bagaimana jika tidak dicampur lagi?
        jadi saya berencana mau membuat 4 kolam lagi dengan ukuran 0.7×0.5m(karena adanya lahan segitu) khusus untuk indukan.
        nah setiap kolam ini akan saya isi 1 lele saja. apakah itu lebih baik atau tidak?

        • kuriang says:

          menurut saya tidak masalah yang penting kalau ada yang luka setelah pemijahan di karantina dan kualitas air di perhatikan, jika jelek buang setengah isi lagi dengan air baru, lakukan pergantian air pada pagi atau sore hari.

      • willy says:

        Lele saya banyak yg mati terapung
        Mohon solusi

  5. taufik says:

    kenapa kok ikan lele mati semua tanpa sebab,,padahal sdh teratur kasik pakan pelet dan ukurannya sdh hampir panen,,mati total dikolam terpal,,mohon infonya

    • kuriang says:

      bisa diinfokan lebih detail? asal lele? kolam tanah atau terpal, mati setelah 4 hari atau 1 minggu? pemberian pakan melebihi kebutuhan lele apa tidak? kualitas air bagaimana? ciri lele yang mati?

  6. asho says:

    Apa solusi pertama buat mngatasi lele mati scra massal hmpir stiap hari

    • kuriang says:

      pindah semua bibit lele yang masih hidup ke box, pisahkan lele yang menggantung dan yang aktif bergerak, yang aktif dapat langsung ditebar di kolam, yang menggantung bisa tebar di kolam karantina/dibox dan diobati dan beri aerator. Fungsi aerator adalah menghasilkan gelembung udara yang akan menggerakkan air didalam kolam karantina agar air kaya dengan oksigen terlarut yang sangat dibutuhkan oleh benih lele. Baca juga Penyebabnya bisa…

  7. kiki says:

    Mhn bntuan sy bru mulai bisnis lele krg lbh 3hri sy pnya 4 kolam terpal tp yg 1 kolam itu stiap hri ada aja yg mati 1-10 ekor yg mti knp y ? Apakah ada yg slh/gmn ? Mhn slusi nya thx

  8. ANDRI HARRIS SAPUTRA says:

    Saya mo tanya soal bibit lele dan perlakuan airnya. Brp lama ph air baru yg dikolam bisa sesuai buat bibit lele yg baru hasil pijah. Krn volume lele nya bnyk jd hrs dipindah kolam agar tdk sesak. Trus biar bibit lele yg msh 1minggu tdk mati trus apa treadmen nya. Trus terang saya msh bljr mijah / pemula.please reaply ke email ya

  9. emen.p says:

    Siang gan, mohon solusinya, saya peternak pemula yg baru memulai menebar benih 20 hri yg lalu sebanyak 1000 ekor di kolamterpal yg ber ukuran 2, 2 x 4 metr,dgn ukuran bibit 5-7cm, pertama tebar lele semuanya sehat 2 gan, tapi sudah beberapa hari ini, lele terl7hat loyo dan banyak yg menggantung bahkan banyak yg berbaring di permukaan tapi ketika mw sy ambil dia lari, trus kemaren saya melihat kyknya adayg mati tapi gk bisa sya ambil lantaran timhul tenggelam di dorong 2 sama yg masih sehat, trus mlm nya saya mnmukn kmbali lele yg menggqntung dn di makanin sma yg lainya, tapi dia masih hidup lalau saya ambil, setelah saya mengamatinya terdapat di sekujur kuoitnya kaya mengelupas dan ada seperti serabut putih, kumisnya hilang separoh dan kriting, punggungya luka (mungkin karena digigit tman2nya) trus perutnya kelihatan jelas biru, sya coba rendam di ember dgn campuran probiotik dan sedikit di taburi garam, sepertinya ada prubahan dia mulai bisa bergerak tapi gk lama kemudian dia mati, trus esok paginya sy kembaoi mengecek kolam , saya menemukan lele mati mengambang , dgn ciri prut biru, kumis hilang semua, sirip rusak, mohon penjelasannya gan kknpa ,? Bgaimna mencegah dan menanganinya? Sebelumnya saya ucapkan trimakasih

  10. fatkhur says:

    Kok ikan sangkuriang yg bru umur 20 hri,kog mati scara masal.penyebab’y apa ya? Trus klo kpadatan mengakibatkan kmatian msal gk ya?

    • kuriang says:

      kepadatan juga salah satu penyebab kematian masal, kondisi air harus dijaga, biasanya yang tebar padat menggunakan sistim bioflok dengan penambahan aerator.

  11. Rosyid says:

    om mau tanya aku pnya 1000 ekor bibit lele ukur 3 baru tebar 12 hr aman2 aja kok tiba2 yg mati byak bgt om. 2 hr ada -+300 ekor.

    • kuriang says:

      ada banyak faktor om, kalau sudah 12 hari aman-aman saja berarti dari kondisi air? pemberian pakan? cuaca? bisa di kontrol lagi om kira-kira dari 3 faktor tersebut yang mana yang menyebabkan bibit mati dalam jumlah banyak.

  12. Tetuko says:

    Hanya berbagai sj …. kolam saya ukuran 1x2xo.60 …. Saya isi 1.000 ukuran 3 4 …. alhamdulillah belum ada yg hormat. Cara yg saya lakukan … persiapan kolam 2minggu sebelum tebal. Saya kasih prebiotik. Saya cek ph. setelah ditebar saya kasih daun ketapang.

  13. gitoputra says:

    kasih saran dong bos
    cara mengatasi bibit ikan lele agar tidak banyak yg mati bagi pemula.

  14. deden says:

    maap mau tanya lele saya setiap hari mati puluhan ekor penybab aph

  15. jefry says:

    ascum
    mas mo tanya nie….
    saya bisnis lele udah dapat 4 bulan ada yang udah panen ada juga yang masih belum. padahal awalnya sma. yang berhasil panen 2 kolam yang gagal tiga kolam
    mohon bantuannya mas

  16. muhammad soeboer says:

    mohon saran dan arahannya jika lele d kolam tanah asal bibit dr tempat yg sama kondidi air warna coklat air kolam dingin (lokasi ternak d cianten bogor) mengalami merah d badan dan obat apa yg tepat terima kasih

  17. Moh. Amin says:

    Mohon pencerahan. Apa penyebab bibit lele tumbuh tdk rata. Ada yg sangat besar dan ada yg tdk berkembang.

    • kuriang says:

      tebar ukur berapa ya pak moh.amin? asal bibit? bibit dari satu induk atau dari beberapa induk? menurut kami tebar ukur 57 sampai konsumsi bisa rata asal bibit dari 1 induk, tebar minimal ukur 57 dan pemberian pakan merata.

  18. Wah..akhrnya yang dicari ketemu juga,..makasih kak infonya..sangat bermanfaat sekali..

  19. andy on says:

    Mas sya kenapa ikan lele saya setiap hari makin bnyak yg mati perutnya penuh dan mengambang. dan ada juga yg mati diatas badanya merah apa karena airnya.pakan bagaimana tadinya belum ada yg mati saya sudah ganti air kolam diataa mata kaki ukuranya cara
    a mengatasinya bagaimana?

    • kuriang says:

      Untuk SOP dapat di baca di Persiapan Kolam dan Air. Untuk yang mati mulut merah menganga biasanya karena kepanasan, untuk bibit lele yang perut penuh dan mengambang biasanya karena pemberian pakan terlalu banyak, bisa di puasakan 1 hari. Semoga dapat menjadi solusi.

  20. andy on says:

    Ukuran ikan lele 4-6 tiap hari ada yg mati sebelum ganti air ada 7 ekor yg mati sesudah ganti air tambah bnyak ikan lele stres. Ukuran ph air brpa apa kolam harua dibersihkan 1bulan sekali

  21. Adi says:

    Mas mau tanya…. Untuk induk pemijahan… Indukanya bisa gak yang berumur 3 bulan

  22. arbi says:

    mohon pencerahanya bang

    saya beli anakan lele umur gak tau (sebesar jari telunjuk) tapi stelah 1minggu kok pada mati satu persatu yah gan
    untuk makan nya saya kasih makan pelet dan ayam yang dibakar apa boleh di kasih makan gituan

  23. riko says:

    Kenapa ya mas bibit lele saya banyak yang mati, padahal Sudah mau remaja, tetapi angka kematian terlalu tinggi untuk setiap harinya. Pads kasus yang saya liat pada ikan saya. Siripnya kemerahan, perutnya kembung, menggantung, media kolam terpal. Dan sudah menggunankan jaring paranet diatasnya. Bisa di bantu mas

  24. kusniardi says:

    Jadi bagaimana cara pemulihan nya atau pun pengobatan untuk lele yang menggantung dengan perut penuh,dan ternyata benih lele banyk yang mati juga.mohon infonya ya gan

  25. Andy says:

    Mau tanya mas..ikan lele saya ukuran 9-12..ditemukan mati 1-4 per hari.ciri2 menggantung,lemas,dan perut buncit.tp hanya di temukan beberapa ekor saja yg terindikasi.lele yg lain msh alktif,respon nya cepat.dan makan nya sangat baik.pertanya nya bagaimana cara mengatasi lele yg sudah terjangkit.dan apakah dapat menularkan ke lele lain yg masih sehat.apa mungkin dpt menyebab kan kematian masal.terima kasih..

  26. m kharis munawir says:

    Maaf mau nanya nih..
    Kenapa ya lele saya kok badan dan mulut lele tiba tiba luka (ada bercak putih) padahal kondisi air sangat bagus,pemberian pakan juga teratur..
    Asal bibit lele kondisi bagus..
    Luka tersebut setelah sekitar 1 minggu berjalan saat benih lele di tebar..
    Mohon penjelasannya..
    No.WA 085727999560
    Email : arismunawir79@gmail.com
    Asal : penebar lele cilacap

  27. ravi says:

    mas saya baru mulai ternak lele kok dlm satu gari mati snpae 200 300 ekoran mas mhn d bntu saya pje kolam tanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>