Advertising:

Penyebab Kolam Lele Berbusa Dan Cara Mengatasinya

kolam lele berbuih

Berbusa dan muncul gelembung-gelembung di air adalah salah satu masalah bagi petani lele. Ini biasanya terjadi karena kolam terlalu padat atau cuaca yang mempengaruhi ph air ( musim hujan ). Berikut ada beberapa penyebabnya:

  1. Gelembung-gelembung di kolam lele biasanya dihasilkan oleh lendir lele karena faktor bibit lele stres sehingga mengeluarkan lendir.
  2. Karena jumlah bibit di kolam terlalu padat.
  3. Karena tingginya kadar organik yang terlarut didalam air. Bahan organik ini dapat berasal dari sisa kotoran lele yang tidak terurai dan sisa pakan yang tidak dimakan lele.
  4. Karena ledakan alga atau bisa disebut algae blooming. Ledakan alga ini terjadi karena proses pemupukan yang berlebih/overdosis penggunaan katalis plankton.

4 hal tersebut adalah masalah bagi petani lele karena dapat berdampak kematian bertahap pada lele. Ini tentu saja akan sangat merugikan bagi petani lele. Lalu, bagaimanakah cara mengatasinya?

Penyebab Kolam Lele Berbusa Dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi kolam lele yang berbusa:
Buang air bagian bawah sebanyak 30% kalau sudah isi kembali kolam dan lele wajib dipuasakan 1 hari sampai ikan kembali lincah. Disarankan untuk diberikan probiotik agar bakteri pengurai kembali bertambah sehingga media menjadi stabil. Untuk kolam yang terlalu padat bisa melakukan penjarangan bisa juga diatasi dengan sistem kocor (mengaliri air dengan semburan kencang yang terus menerus). Selamat mencoba semoga sukses salam Sikumis HEBAT…

You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to Penyebab Kolam Lele Berbusa Dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>