Advertising:

Penyebab Lele Kembung, Pencegahan dan Pengobatannya

lele kembung

Penyebab lele kebung:
Lele banyak yang mati dengan ciri perut kembung, bahkan hampir semua dalam satu kolam mengalami hal yang sama. Kembung pada lele biasanya di sebabkan karena:

  1. Pemberian makanan atau pelet yang kurang tepat. Pemberian pakan harus memenuhi standar agar bibit lele dapat tumbuh optimal dan sehat. Lele dikenal dengan ikan yang rakus. Ketika kita memberikan pakan lele yang berlebihan, lele akan terus memakan sampai perutnya penuh hingga pada akhirnya terjadi masalah pencernaan. Ini adalah salah satu yang menyebabkan lele kembung dan lama-kelamaan akan mengakibatkan kematian.
  2. Tekanan gas didalam air berlebihan sehingga mengakibatkan “emboli” (penumpukan gas dalam gelembung renang atau kembung perut)
  3. Tidak stabilnya antara pH lingkungan dengan pH didalam darah ikan.
  4. Salah satu jenis bakteri bisa menghasilkan dampak perut gelembung (dropsy).

Pencegahan agar lele tidak kembung:
Untuk pencegahan pelet lele kita bibis terlebih dahulu tunggu 20-30 menit sampai pelet sudah mengembang dan lembut. Penambahan probiotik pada pakan lele juga lebih baik, karena akan membantu proses pencernaan pada lele.

Lakukan sirkulasi air pada kolam, bisa membuat kricikan air dari pralon yang di bolong kecil.
pengobatan lele kembung
Pengobatan lele kembung:
Jika lele di kolam sedikit yang mati, kuras air 50% – 75%. Buang bibit yang mati.
Jika sudah banyak yang mati, buang semua air di dalam kolam karena kualitas air sudah buruk. Buang lele yang mati puasakan lele 1-3 hari, pindah bibit yang masih hidup dikolam yang sudah disiapkan. Jika lele napsu makan masih baik, berikan antibiotik. Semoga bermanfaat salam HEBAT SiKumis.

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to Penyebab Lele Kembung, Pencegahan dan Pengobatannya

  1. Farichin says:

    Cara mengatasi ikan lele kembung

  2. teguh says:

    Om gmna cranya ngobati lele kena jamur…mhon infonya trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>